12 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan, Sumber Probiotik

Foto : insider.com

Liputan6.com, Jakarta Kombucha merupakan satu dari banyak minuman fermentasi kaya probiotik. Kombucha diperkirakan berasal dari Manchuria, China di mana minuman tersebut secara tradisional dikonsumsi. Minuman ini memiliki rasa manis bersoda yang segar.


Kombucha terbuat dari teh, gula, dan ragi yang difermentasi. Untuk membuat kombucha, teh hijau atau teh hitam manis difermentasi dengan koloni simbiosis bakteri dan ragi tertentu. Selama proses fermentasi, ragi memecah gula dalam teh dan melepaskan bakteri probiotik.

Kombucha sebagai minuman fermentasi memiliki manfaat kesehatan, termasuk kesehatan usus dan jantung. Probiotik dalam kombucha sangat berperan dalam kesehatan usus dan kekebalan tubuh. Tak cuma itu, kombucha juga kaya akan antioksidan.

Berikut 12 manfaat kombucha untuk kesehatan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (31/8/2020).

Proses fermentasi selama pembuatan kombucha menghasilkan sejumlah besar bakteri. Meskipun masih belum ada bukti manfaat probiotik dari kombucha, kombucha mengandung beberapa spesies bakteri asam laktat yang memiliki fungsi probiotik.

Probiotik memberi usus bakteri sehat. Bakteri ini dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk pencernaan, anti peradangan, dan penurunan berat badan.

Sumber antioksidan

Kombucha terutama yang terbuat dari teh hijau, memiliki efek antioksidan. Ini karena teh hijau mengandung banyak senyawa bioaktif, seperti polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat di dalam tubuh. Teh hijau dikenal sebagai antioksidan kaya manfaat seperti menurunkan berat badan, kontrol gula darah, mengurangi kolesterol, hingga mencegah kanker.

Mengonsumsi probiotik dapat meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan. Bakteri probiotik mirip dengan bakteri sehat yang ditemukan di usus. Bakteri probiotik telah mampu membantu mengobati diare, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membantu meringankan sindrom iritasi usus besar. Jika probiotik dalam kombucha meningkatkan kesehatan usus, mereka juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Cegah peradangan

Peradangan adalah akar dari beberapa kondisi pencernaan, seperti penyakit radang usus. Peradangan ini mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di usus, yang dikenal sebagai disbiosis usus. Konsumsi probiotik dapat membantu menyeimbangkan bakteri usus dan mencegah peradangan.

Salah satu zat utama yang dihasilkan selama fermentasi kombucha adalah asam asetat, sama seperti yang ada pada cuka. Asam asetat mampu membunuh banyak mikroorganisme yang berpotensi berbahaya. Kombucha yang terbuat dari teh hitam atau hijau tampaknya memiliki sifat antibakteri yang kuat, terutama melawan bakteri penyebab infeksi dan jamur Candida.

Efek antimikroba ini menekan pertumbuhan bakteri dan ragi yang tidak diinginkan, tetapi tidak mempengaruhi bakteri probiotik yang menguntungkan.

Turunkan risiko serangan jantung

Kombucha dikaitkan dengan penurunan kolesterol. Penyakit jantung sangat terkait dengan kolesterol tinggi. Minum kombucha dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan bahwa kombucha mengurangi risiko penyakit jantung pada manusia.

Kombucha juga dapat membantu dalam mengelola diabetes tipe 2. Kombucha yang terbuat dari teh hijau kemungkinan akan lebih bermanfaat, karena teh hijau itu sendiri telah terbukti menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi pada tikus diabetes menemukan bahwa kombucha memperlambat pencernaan karbohidrat. Ini bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

Cegah kanker

Antioksidan dalam kombucha membantu tubuh melawan kanker. Dalam studi tabung reaksi, kombucha membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker karena konsentrasi polifenol teh dan antioksidannya yang tinggi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk efek penurunan risiko kanker ini.

Kombucha yang terbuat dari teh hijau berpotensi menurunkan berat badan. Senyawa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) mampu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Ini membantu mencegah kelebihan berat badan dan mendukung berat badan ideal.

Baik untuk kesehatan mental

Minum kombucha yang kaya probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan mental yang positif. Efek anti-inflamasi kombucha dapat membantu meringankan beberapa gejala Depresi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan seberapa efektif minuman ini.

Kombucha mampu membunuh mikroba dan membantu melawan berbagai bakteri. Ini menunjukkan bahwa minum kombucha membantu mencegah infeksi. Manfaat kombucha yang menyehatkan usus juga dapat memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Sistem pencernaan dan kekbalan memiliki keterkaitan. Ini karena lapisan usus menciptakan antibodi yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Sebagian besar dari sistem kekebalan ditemukan di usus.

Sehatkan hati

Kombucha dapat meningkatkan kesehatan hati karena kemampuannya yang berpotensi untuk mendetoksifikasi tubuh. Kombucha mengandung antioksidan berperan mengurangi racun dalam hati. Ini menunjukkan bahwa kombucha mungkin memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan hati dan mengurangi peradangan hati.

Penulis : Anugerah Ayu Sendari

Sumber : hot.liputan6.com


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)