3 Minuman yang Ampuh Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Sumber Foto : health.detik.com

Jakarta – Tekanan darah tinggi dapat memicu munculnya berbagai penyakit komplikasi. Karenanya harus dikendalikan agar tak berakibat fatal.

Berbagai cara mudah dapat dilakukan untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi asupan garam. Beberapa jenis makanan dan minuman juga mengandung zat gizi yang dapat memnurunkan tekanan darah. Berikut tiga jenis minuman yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan tekanan darah.

1. Teh Hijau

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition di tahun 2004 menyebutkan bahwa teh hijauu dapat menurunkan tekanan darah. Efek positif dari teh hijau akan dirasakan jika meminumnya secara rutin dalam jangka panjang. Penelitian ini menunjukkan setelah 12 minggu konsumsi, tekanan darah akan menurun sebesar 2.6 mmHg sistolik dan 2.2 mmHg diastolik.

Tekanan sistolik merupakan angka tertinggi yang dideteksi dalam pengukuran tekanan darah. Angka ini mengukur seberapa kuat jantung Anda memompa darah ke seleluruh tubuh. Sementara tekanan diastolik adalah angka lebih rendah dalam pengukuran tekanan darah yang menunjukkan kekuatan aliran darah pada pembuluh darah.

Meski membutuhkan waktu yang panjang untuk merasakan khasiatnya, teh hijau dampak lebih signifikan dibanding jenis teh lainnya.

2. Kombucha

Kombucha adalah minuman hasil fermentasi sehingga kaya akan probotik yakni bakteri baik yang berperan penting untuk kesehatan usus. Dalam setidaknya 9 penelitian, mengonsumsi probiotik dapat memberikan efek yang baik bagi tekanan darah tinggi. Mengonsumsi selama lebih dari 8 minggu akan menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan.

Selain kombucha, makanan fermentasi lainnya seperti yogurt, tempe, kimchi dan miso juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

3. Jus buah bit

Dalam penelitian yang diselenggarakan oleh Queen Marry University dan British Heart Foundation (BHF), 64 sukarelawan mengonsumsi segelas jus bit setiap hari selama penelitian berlangsung. Para sukarelawan yang memiliki tekanan darah tinggi meminum 150 ml jus bit setiap hari dan ditemukan bahwa tekanan darah mereka kembali normal.

“Efek ini dikarenakan tingginya kandungan zat yang disebut nitrat, yang ditemukan dengan jumlah banyak dalam buah bit, dan sayur hijau lainnya seperti kale dan kol.” Ujar pihak BHF.

Profesor Amrita Ahuluwalia, yang memimpin penelitian ini juga mengatakan,”Penelitian telah membuktikan bahwa dosis nitrat nonorganik harian dapat seefektif intervensi pengobatan dalam mengurangi tekanan darah. Untungnya kita bisa mendapatkannya dari bit dan sayuran hijau lainnya.”

Jika Anda ingin mengasup nitrat dalam pola makan sehari-hari,sebaiknya jangan merebus sayuran karena kandungan nitrat akan berkurang. Disarankan untuk mengolahnya dengan dikukus, dipanggang, atau dijadikan jus agar efeknya semakin maksimal.

Penulis : Shara Azzhara

Sumber : food.detik.com


Follow kami

Testimoni

Karen
23/09/2022 - 3 hari lalu

Luar Biasa!
Scobynya bagus, bersih dan tebal. After sales servicenya baik. Recommended.
Deisy
22/09/2022 - 4 hari lalu

Luar Biasa!
Yenny lindawaty
20/09/2022 - 6 hari lalu

Luar Biasa!
Mahvira Octavia
15/09/2022 - 11 hari lalu

Luar Biasa!
Hana Maulinawati
14/09/2022 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
Rina
12/09/2022 - 14 hari lalu

Luar Biasa!
Ambar Mawarini
11/09/2022 - 15 hari lalu

Luar Biasa!
Bagussss....top deh
Cheny THE
10/09/2022 - 16 hari lalu

Luar Biasa!
Kualitas bagus Top banget
Muhammad Ghathfan eva
28/08/2022 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Herri Rusmin
27/08/2022 - 30 hari lalu

Luar Biasa!