5 Fakta Unik Kombucha, Teh Fermentasi dengan Segudang Manfaat

Sudah tahu kombucha? Kalau belum, kombucha adalah teh yang mengalami proses fermentasi ini memang mempunyai segudang manfaat. Dipercaya tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, namun juga mampu detoksifikasi racun dalam tubuh serta masih banyak manfaat yang lainnya. Fakta apa aja dari teh yang konon berasal dari Asia Timur ini?

Kombucha Menyehatkan Tubuh
Kombucha Menyehatkan Tubuh

1. Proses fermentasi

Teh kombucha diperoleh dari proses fermentasi dengan bantuan mikroba. Jika kamu tertarik untuk membuat teh kombucha sendiri, sudah banyak di pasaran yang menjual starter teh kombucha, dan yang lebih penting harus memperhatikan kesterilan alat dan bahan. Supaya teh kombucha yang diperoleh mempunyai kualitas yang baik dan terhindar dari bakteri beracun.


2. Sumber probiotik

Nah, kombucha merupakan salah satu sumber probiotik nih. Seperti yang kamu tahu bahwa probiotik merupakan bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk saluran pencernaan.


3. Mengandung berbagai macam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh

Gak cuma sumber probiotik, tapi kandungan nutrisi pada teh kombucha sangat beragam, seperti asam folat, Vitamin B, Vitamin C dan enzim. Oleh karena itu, banyak sekali manfaat yang diperoleh untuk tubuh jika kamu mengonsumsi teh kombucha. Beberapa manfaatnya adalah untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, baik untuk kesehatan sendi dan detoksifikasi racun dari dalam tubuh.


4. Mengandung antioksidan

Kombucha merupakan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel.


5. Konsumsi kombucha sesuai dengan anjuran

Agar manfaat kombucha optimal, maka kamu harus mengkonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada. Belum banyak penelitian mengenai efek samping dari kombucha, namun alangkah lebih baik jika kamu mengkonsumsi kombucha sesuai dengan anjuran.

Tertarik untuk mengonsumsi kombucha demi tubuh yang lebih sehat?


Penulis : Crhisterra Ellen

Sumber : idntimes.com


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)