5 Jenis Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Usus

Foto : thecandidadiet.com

Fimela.com, Jakarta Fermentasi adalah proses mengubah makanan oleh bakteri, ragi, atau mikroorganisme lainnya. Fermentasi digunakan untuk menghasilkan beberapa makanan. Tidak begitu berbahaya, fermentasi adalah fenomena alami yang digunakan manusia untuk manfaat kuliner selama berabad-abad.


Dalam hal makanan fermentasi, bakteri penghasil asam laktat yang hidup mencerna makanan, membuat unsur-unsur nutrisi lebih mudah tersedia untuk tubuh dan dan memroduksi prebiotik. Prebiotik telah terbukti mendukung mokrobioma usus yang sehat, menjadikan makanan fermentasi salah satu cara paling ampuh untuk mendukung kesehatan pencernaanmu. Karena kesehatan usus dikaitkan dengan peningkatan kondisi kesehatan dari penyakit jantung hingga radang sendi, mengonsumsi makanan difermentasi secara teratur dapat menjadi pendorong besar bagi kesehatan secara keseluruhan. Dibawah ini ada beberapa makanan fermentasi yang biasanya mudah ditemukan.

Kefir

Kefir adalah minuman yang rasanya seperti yogurt. Minuman ini memiliki lebih banyak prebiotik dan protein daripada yogurt biasa. Kefir dapat dibuat dengan susu atau alternatif lain seperti susu almond atau santan.

Kimchi

Kimchi untuk Kesehatan Usus

Makanan yang berasal dari Korea adalah sayuran yang difermentasi untuk menghasilkan cita rasa yang khas. Banyak manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi kimchi, salah satunya yaitu untuk memperbaiki pencernaan. Kimchi dapat dicampur dengan campuran bahan tradisional seperti jahe, bawang putih, dan gochujang (pasta cabai Korea). Kimchi dapat memberikan tambahan rasa untuk setiap makanan.

Tempe

Sebagian besar orang akrab dengan tahu, bentuk kedelai lunak dengan rasa yang ringan. Tempe fermentasi adalah kedelai yang difermentasi dan kemudian dibentuk menjadi padat dengan sedemikian rupa dan dibiarkan beberapa hari supaya berubah menjadi padat dan siap untuk dimasak. Proses fermentasi memecah protein kacang menjadi asam amino yang lebih mudah dicerna oleh tubuh kita dan menjadikan tempe sebagai sumber nutrisi.

Kombucha

Kombucha Menyehatkan Tubuh

Kombucha adalah sejenis gula dan teh yang difermentasi sebagai pelezat makanan. Selain mengandung prebiotik kombucha memiliki manfaat kesehatan tambahan karena polifenol dalam teh hijau atau hitam yang dibuat. Polifenol tersedia dalam semua jenis teh, tetapi proses fermentasi ini, meningkatkan potensinya menjadikan kombucha sebagai sumber terbaik untuk antioksidan.

Yogurt

Yogurt merupakan jenis makanan yang terbuat buat dari susu sapi yang difermentasi. Kandungan prebiotik pada yogurt dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan. Jika seseorang mengalami sembelit, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi yogurt, ini akan membantumu dalam melancarkan buang air besar.

Nah berikut tadi beberapa makanan yang baik untuk kesehatan usus kita. Namun perlu diketahui, untuk mengonsumsi makanan fermentasi tidak boleh terlalu banyak. Simpan makanan fermentasi pada suhu yang telah ditentukan.

Penulis : Gayuh Tri Pinjungwati

Sumber : fimela.com


Follow kami

Testimoni

Cheny THE
08/01/2023 - 27 hari lalu

Luar Biasa!
Ika Yuliani
08/01/2023 - 27 hari lalu

Luar Biasa!
superr
Jimmy
07/01/2023 - 28 hari lalu

Luar Biasa!
Maria Anggi Trianika Pelawi
06/01/2023 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Devi Natalia
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Esther
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Esther
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Laksmi Titisari
04/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Salihatun
20/10/2022 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!
IIN HERLINA
19/10/2022 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!