6 Diet Sehat Mendiang Kobe Bryant

Sumber Foto : sport.detik.com

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Kobe Bryant, mantan pebasket legendaris NBA tewas dalam kecelakaan helikopter di California, Amerika Serikat. Banyak kisah inspirasi yang bisa dipetik dari mantan pemain Lakers ini, salah satunya soal pola makan.

Menurut Gatorade Sports Science Institute, pemilihan makanan agar energi tubuh pebasket dapat mendukung pertandingan dan pelatihan ketika bermain basket. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, hingga camilan sebelum dan selama pertandingan ternyata penting.


Berikut ini beberapa pilihan diet yang dilakukan oleh Kobe Bryant :

1. Daging ternak pemakan rumput

Salah satu diet yang dilakukan Kobe untuk menjaga tubuhnya tetap sehat adalah mengonsumsi daging ternak pemakan rumput.  Jenis daging yang satu ini ternyata lebih bermanfaat dibandingkan daging ternak pemakan jagung.

Selain lemak yang lebih sehat, daging ternak pemakan rumput juga mengandung lemak omega-3 dan lebih banyak mineral, terutama kalium. Oleh karena itu, bagi yang ingin mendapatkan manfaat lebih dari daging, mungkin daging ternak pemakan rumput bisa menjadi pilihan Anda.

2. Sayur tidak berpati

Selain daging ternak pemakan rumput, sayur tidak berpati ternyata juga menjadi pilihan diet yang dilakukan oleh pemain bernomor punggung 24 dan 8 tersebut.  KONTEN PROMOSI Berikan Suami Anda Ini & Rasakan Ketahanan Lamanya Nanti Malam Silcontrol Diabetes Hilang Selamanya & Pankreas Kembali Sehat! Alami 100% Glucoactive Cara Mudah-Ampuh agar Kutil di Wajah, Dada & Ketiak lepas Sendiri Bactenormin Harga mobil listrik di tahun 2022 mungkin akan mengejutkan Anda RTBS Offer Sayuran yang tidak mengandung pati biasanya mengandung karbohidrat rendah, tetapi memiliki kalori cukup tinggi. Misalnya, brokoli yang tidak berpati dan mengandung 5 gram karbohidrat serta 25 kalori untuk satu porsinya.

Oleh karena itu, ketika Anda ingin mengurangi jumlah kalori dengan memakan makanan yang tinggi nutrisi, sayur tidak berpati bisa menjadi pilihan.  Anda dapat mengonsumsinya dengan mengukusnya terlebih dahulu lalu mengoleskan mentega serta garam. Jika bosan, Anda dapat menggunakan lemak sehat lain seperti minyak zaitun agar tubuh dapat menyerap nutrisi. 

3. Maksimal konsumsi buah satu kali perhari

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi buah satu kali sehari merupakan diet yang pernah dijalani oleh Kobe? Jumlah konsumsi tersebut dilakukan karena buah mengandung gula. Meskipun alami, mengonsumsi buah secara berlebihan dapat meningkatkan gula darah Anda. Oleh karena itu, biasakan untuk mengganggap buah bukan sebagai makanan pokok, melainkan makanan biasa. Anda mungkin dapat mulai dengan makan buah tidak lebih dari satu potong per hari, yaitu kira-kira seukuran apel.

4. Minum kombucha

Teh kombucha atau biasa juga disebut sebagai teh jamur ternyata bisa menjadi bagian dari diet sehat yang pernah dilakukan mendiang Kobe.  Manfaat dari kombucha pun cukup banyak, seperti memperlancar pencernaan, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan mengandung antioksidan yang cukup tinggi.  Selain kombucha, Anda juga dapat memilih makanan fermentasi lainnya yang termasuk mengandung probiotik tinggi. Misal, yoghurt, kimchi, kecap asin, sauerkraut, atau asinan.

5. Makan lemak baik

Makan makanan lemak baik pun menjadi salah satu diet yang pernah dijalani oleh mendiang Kobe Bryant untuk menjaga kesehatan dan massa tubuhnya.  Pilihan lemak sehat sangat penting untuk sintesis hormon dan membran sel. Fungsi sistem imun tubuh pun juga bergantung pada pilihan makanan yang mengandung lemak sehat.  Baik atlet maupun mantan atlet perlu makan lemak yang baik untuk kesehatan jantung, misalnya lemak tak jenuh, yaitu minyak zaitun atau lemak omega-3, yaitu salmon.  Cobalah untuk menghindari asupan lemak jenuh, seperti lemak sapi atau lemak trans yang berasal daging olahan. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi asupan protein dan karbohidrat dengan baik dan menjalani diet ala Kobe Bryant dengan efektif.

6. Tidak sering ngemil

Salah satu kunci penting dari program diet yang dijalani oleh mendiang Kobe Bryant adalah tidak ngemil.  Hal tersebut dikarenakan semakin sering Anda makan, terlebih lagi dalam jumlah yang besar, semakin jarang tubuh akan membakar lemak untuk mendapatkan energi.  Tubuh mempunyai enzim pembakar lemak yang dapat aktif atau tidak, tergantung makanan yang Anda konsumsi.


Jika Anda terlalu sering ngemil, ternyata dapat menonaktifkan enzim tersebut.  Oleh karena itu, usahakan menghindari camilan dan memberikan jarak waktu yang lebih lama di antara waktu makan. Dengan begitu, enzim pembakar lemak akan lebih aktif dan tubuh mendapatkan energi yang cukup.


Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membakar lemak dengan efektif dan dilakukan dalam diet ala Kobe Bryant :


Mulai dengan makan tiga kali sehari tanpa ngemil

Sering minum air putih

Hindari pemanis buatan

Pastikan setiap waktu makan terdapat makanan lemak sehat

Minimal konsumsi 30 gram protein per hari untuk menambah massa otot

Jika Anda ingin menjalani diet yang pernah dilakukan oleh peraih gelar 5 cincin NBA ini,

sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Terlebih lagi ketika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang berkaitan dengan pola dan porsi makan.


Sumber : Jpnn.com

Editor : E Sulaiman


Follow kami

Testimoni

Cheny THE
08/01/2023 - 27 hari lalu

Luar Biasa!
Ika Yuliani
08/01/2023 - 27 hari lalu

Luar Biasa!
superr
Jimmy
07/01/2023 - 28 hari lalu

Luar Biasa!
Maria Anggi Trianika Pelawi
06/01/2023 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Devi Natalia
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Esther
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Esther
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Laksmi Titisari
04/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Salihatun
20/10/2022 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!
IIN HERLINA
19/10/2022 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!