7 Makanan Fermentasi yang Enak dan Baik untuk Tubuh, Dijamin Suka!

Sumber Foto : thatsugarmovement.com

Makanan fermentasi merupakan makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi mikroba. Karena kandungan gizi yang ada di setiap makanan fermentasi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya rasanya yang enak, makanan fermentasi juga dapat meningkatkan kesehatan mulut seperti mengurangi radang gusi, bau mulut, dan perkembangan rongga mulut. Lalu apa saja makanan yang difermentasikan dan bagaimana cara penyajiannya? Berikut ulasanya.


1. Tempe

Tempe mengandung sumber protein nabati yang murah, karena tempe kaya akan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan untuk metabolisme kesehatan tubuh. Makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini kaya akan probiotik yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Tempe dapat dimasak menjadi tempe goreng dan dapat disajikan dengan cabai merah untuk menambah cita rasa pedas.

2. Acar

Acar terbuat dari campuran timun, wortel, dan bawang yang dipotong-potong, kemudian difermentasi dengan gula, garam, dan cuka memiliki cita rasa yang segar saat dimakan. Acar kaya nutrisi dan rendah kalori serta dapat membunuh bakteri dalam perut dan menyeimbangkan kebutuhan elektrolit wanita hamil. Acar bisa disajikan dengan campuran sosin, salad, paprika serta tomat.

3. Kimci

Kimchi untuk Kesehatan Usus

Kimci merupakan makanan berasal dari Korea yang memiliki cita rasa segar. Kimci terbuat dari fermentasi kubis atau lobak. Kimci baik Untuk pencernaan dan dapat mengurangi racun dalam tubuh serta memperkuat sistem imun. Kandungan vitamin A dan antioksidan yang dapat memperlambat penuaan pada kulit. Kimci dapat diolah menjadi lumpia dengan campuran ketumbar, daun bawang, daging serta kimci.

4. Teh kombucha

Kombucha Menyehatkan Tubuh

kombucha merupakan teh yang difermentasikan dari ragi serta bakteri, mengandung berbagai zat seperti asam asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, vitamin C, dan alkohol. Kombucha mampu menurunkan risiko penyakit jantung, membantu mencegah pertumbuhan sel kanker serta mampu membunuh bakteri jahat di dalam tubuh, teh kombucha bisa langsung diseduh atau diminum.

5. Tahu

Tahu terbuat dari fermentasi kacang kedelai cara pembuatanya pun melalui berbagai proses, dari perendaman, perebusan dan penambahan asam cuka. Tahu mengandung insoflavon, antioksidan yang dapat menghambat risiko kanker sera osteoporosis bahkan kandungan lecithinnya baik untuk otak dan elastisitas kulit. Tahu goreng krispi dapat disajikan dengan cabai rawit untuk menambah citarasa pedas.

6. Tapai/tape

Tapai/tape merupakan fermentasi dari singkong yang ditaburi ragi, tapai memiliki cita rasa kecut. Tape baik untuk pencernaan karena keberadaan probiotik atau bakteri baik yang dapat menjaga kelancaran pencernaan, tape juga dapat meningkatkan gairah seks, tape dapat disajikan atau divariasikan menjadi tape panggang keju susu.

7. Oncom

Oncom merupakan hasil olahan dari tempe, namun oncom merupakan hasil fermentasi dari kacang tanah. Pembuatan oncom melalui proses perendaman beberapa jam, dan kemudian diberi taburan ragi dan didiamkan selama satu hari. Oncom merupakan sumber energi yang baik karena adanya kandungan gizi karbohidrat serta protein di dalamnya. Oncom dapat disajikan dengan nasi serta lauk pauk untuk penambah cita rasa.


Penulis : Gutomo

Sumber : idntimes.com


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)