Apakah Kombucha dapat Melancarkan Buang Air Besar?

Sumber Foto : tumsozluk.com

Jakarta: Beberapa makanan bisa membuat buang air besar (BAB) Anda menjadi lebih lancar. Mengonsumsi makanan berserat, dapat meningkatkan berat dari kotoran Anda sehingga dapat membuat BAB Anda menjadi lebih mudah.


Dilansir dari refinery29, kombucha dianggap menjadi salah satu minuman yang populer akhir-akhir ini juga dianggap bisa melancarakan BAB.

Menurut Rita Knotts, MD, ahli gastroenterologi dan asisten profesor kedokteran di NYU Langone Health mengatakan bahwa efek kombucha dalam melancarkan BAB berbeda-beda tergantung setiap individu.

“Sulit untuk memprediksi bagaimana tubuh Anda akan bereaksi terhadap kombucha karena setiap individu merespons secara berbeda terhadap kombucha, tergantung pada pola makan, genetika, mikrobioma, dan aspek kesehatan lainnya,” kata Dr Knott.

Ia juga menambahkan, penelitian mengenai kombucha masih belum terlalu banyak sehingga masih kami tidak tahu jenis bakteri mana yang terbaik untuk siapa dan dalam kondisi apa. Meskipun beberapa orang mungkin merasakan bahwa kombucha dapat membantu mengatasi masalah pada pencernaan, mungkin kombucha tidak benar-benar mengatasi masalah pencernaan Anda. 

“Selain itu mengenai kombucha, masih belum ada regulasi yang mengatur tentang peredaraannya sehingga bellum bisa dipastikan jenis probiotik apa yang ada di dalam kombucha,” tambah Dr Knotts. 

Dan jika Anda minum kombucha buatan sendiri, kemungkinan kombucha buatan Anda bisa terkontaminasi bakteri berbahaya yang justru bisa membuat Anda sakit.

Dr Knotts juga menyarankan jika Anda merasa ingin BAB setelah mengonsumsi kombucha sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kandungan dalam kombucha tersebut yang bisa menyebabkan sakit perut tersebut, apakah berbahaya atau tidak. 

Jika Anda menyukai kombucha karena rasa asam yang ada di dalamnya, menurut Dr Knotts pada dasarnya hal itu tidak berbahaya. “Jika Anda sedang dalam kondisi sehat, dan mengonsumsi kombucha dapat membantu Anda maka tidak apa-apa,” ujar Dr Knotts. 

Tetapi jika Anda mengalami beberapa gangguan atau masalah pada perut Anda, mungkin minuman seperti kombucha tidak cocok untuk Anda dan mungkin minum kombucha merupakan solusi yang tidak membantu.

Dan penting untuk Anda mendapatkan perhatian medis ketika mengalami gejala pada perut yang berkepanjangan.

Penulis : Rona

Sumber : medcom.id


Follow kami

Testimoni

Cheny THE
08/01/2023 - 27 hari lalu

Luar Biasa!
Ika Yuliani
08/01/2023 - 27 hari lalu

Luar Biasa!
superr
Jimmy
07/01/2023 - 28 hari lalu

Luar Biasa!
Maria Anggi Trianika Pelawi
06/01/2023 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Devi Natalia
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Esther
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Esther
05/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Laksmi Titisari
04/01/2023 - 1 bulan lalu

Luar Biasa!
Salihatun
20/10/2022 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!
IIN HERLINA
19/10/2022 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!