Cara Membuat Bibit Kombucha Tanpa Starter?

Bagaimana Cara Membuat Bibit Kombucha Tanpa Starter

Pada artikel kali ini saya membahas tentang salah satu pertanyaan yang masuk yaitu “Bagaimana Cara Membuat Bibit Kombucha Tanpa Starter?” artikel ini saya tulis berdasarkan pertanyaan dari Ibu Lidia Wati Selain itu, saya ingin sharing sedikit pengalaman saya tentang uji coba membuat SCOBY tanpa starter kombucha. Simak artikel ini sampai habis. Pertama – tama saya akan menjawab pertanyaan dari Ibu Lidia, pertanyaannya sebagai berikut :

 

Pertanyaan :

Dari Ibu Lidia Wati : Assalamualaikum.. Saya mau tanya tentang cara membuat SCOBYnyaa… Soalnya saya lagi penelitian tentang teh kombucha. Bisa jelaskan cara membuat koloni atau SCOBY kombucha? klo cara membuat tehnya saya sudah bisa Mohon bantuannya. Terima Kasih (Link pertanyaan asli bisa dilihat Disini)

Jawaban :

Sejauh yang saya tau, SCOBY (Symbiotic Colony Of Bacteria and Yeast) hanya dikembangbiakan, Bukan dibuat dari bahan bahan tertentu kemudian jadi Scoby, saya rasa tidak begitu. Untuk membuat lempengan Scoby, kuncinya kita harus punya bakterinya terlebih dahulu, nah bakteri nya itu ada di dalam Scoby itu sendiri. Jadi istilahnya, scoby – scoby yang baru, adalah hasil cangkokan dari scoby yang sebelumnya.

Tidak ada bahan – bahan khusus untuk pengembangbiakan Scoby, yang kami lakukan di Wiki Kombucha hanya membuat larutan teh manis seperti biasanya kemudian menuangkannya ke wadah yang sudah kami siapakan untuk proses pengembangbiakan, dimana didalam wadah tersebut sudah terdapat lempengan scoby dan cuka kombuchanya. Note : Untuk Bahan kami menggunakan bahan yang super premium, sehingga kualitasnya terjaga.

Jika kita bertanya ke setiap orang yang punya scoby di rumahnya, “dimana mendapatkan scoby?” dia pasti bilang “mendapatkannya dari seseorang, baik itu karena dikasih cuma cuma atau membelinya” saya yakin tidak ada yang akan bilang bahwa ia membuat sendiri scoby tanpa adanya starter scoby. Kuncinya kita harus punya starternya terlebih dahulu baik berupa lempengan scoby ataupun larutan cuka kombucha.

Lalu kalau memang bukan “diproduksi sendiri” dari mana asalnya scoby? Dari tangan ke tangan, kalau dari sejarahnya mengatakan, Scoby diyakini berasal dari daratan China : Baca juga tentang “Sejarah dan asal usul Teh Kombucha” : http://wikikombucha.com/sejarah-dan-asal-usul-teh-kombucha/

Tapi kalau pertanyaannya “Bagaimana peristiwa terbentuknya scoby pertama kali di dunia?” Nah saya pribadi juga sedang mencari jawabannya, sampai sekarang belum ketemu jawabannya.

Scoby bersifat ragi (Scoby bukan jamur). Sama seperti membuat makan atau minuman fermentasi lainnya, ragi (yeast) adalah bahan utama. Tanpa ragi, proses fermentasi tidak dapat dilakukan, misal dalam membuat tape ketan. Tanpa ragi bahan tape akan membusuk dan baunya juga busuk (tidak bisa dikonsumsi), tapi berbeda jika di taburkan ragi, maka bahan bahan tadi akan menjadi tape dan beraroma khas tape (bisa dikonsumsi).

 

Sharing pengalaman pribadi :

Saya punya pengalaman yang menurut saya ada kaitannya dengan topik artikel ini, saya mohon ijin sharing. Beberapa Tahun lalu saya pernah bereksperimen. Awalnya karena saat itu saya mendengar orang orang tua (kakek nenek di lingkungan saya tinggal), mengatakan seperti ini : “Teh Kombucha itu dibuat dari Jamur Kombucha, Jamur Kombucha dibuat dari Tuak yang disimpan berbulan bulan sampai menjadi cuka, nah cuka inilah yang lama lama menjadi lempengan Scoby.” *begitu katanya.

NB: Tuak=Minuman tradisional dari getah/sari/nira batang pangkal dari buah kelapa/enau.

Apa itu tuak

(Gambar batang buah enau/kelapa yang dipotong kemudian keluar sari yang akan menjadi cikal bakal tuak)

 

Karena penasaran, saya melakukan test, dan memang benar setelah beberapa Bulan, tuak yang disimpan lama menghasilkan lempengan di permukaan larutannya. Mirip seperti Scoby, tapi warnanya coklat gelap, teksturnya berupa lempengan juga tapi lebih mudah robek. Kemudian setelah saya perhatikan lebih lanjut, “Menurut saya” itu bukan Scoby/Jamur Kombucha yang kita maksud.

Saya tidak tau juga, apakah karena cara uji coba saya yang salah atau itu memang bukan scoby, tapi saya tidak lanjutkan lagi testnya.

Jadi, selama ini kami di Wiki Kombucha mendapatkan banyak lempengan scoby/jamur kombucha ini, adalah hasil dari proses pengembangbiakan / pencangkokan yang sudah saya jelaskan diatas.

Saya janji, nanti kalau saya mendapatkan informasi ataupun pengetahuan baru tentang hal yang berkaitan dengan pertanyaan Ibu Lidia, akan saya share kembali.

 

Jual Scoby Jamur Kombucha Murah Berkualitas

 

 


Testimoni

Emil
02/08/2020 - 3 hari lalu

Luar Biasa!
Scoby ke 2 siap nyempung kedalem toples Semoga jadi gak Mold
Naomi Nathania S
01/08/2020 - 3 hari lalu

Luar Biasa!
Sesuai gambar
Steven tanalo
28/07/2020 - 7 hari lalu

Luar Biasa!
Paul S
26/07/2020 - 9 hari lalu

Luar Biasa!
Ratih Perwitasari
02/05/2020 - 3 bulan lalu

Luar Biasa!
Anita
14/02/2020 - 6 bulan lalu

Luar Biasa!
Anita
14/02/2020 - 6 bulan lalu

Luar Biasa!
Winar viaud
03/01/2020 - 7 bulan lalu

Luar Biasa!
Sudah di terima dg baik. Packaging rapi
Anindito Ariwandono
27/12/2019 - 7 bulan lalu

Luar Biasa!
josssssssssssssssssss
Harvin Tijono
26/12/2019 - 7 bulan lalu

Luar Biasa!
Aman banget. makasih