Bagaimana cara menghilangkan alkohol pada Teh Kombucha?

Bagaimana cara menghilangkan alkohol pada Teh Kombucha?

Pertanyaan :

Diar Tambunan – DKI Jakarta

Hallo Pak Adi, saya mau tanya, Kira kira bagaimana cara menghilangkan alkohol pada Teh Kombucha ya Pak? apa bila botol penyimpanan kombucha tutupnya sering terbuka, apakah akibatnya alkoholnya bisa turun?

 

Jawaban :

Hallo Bu Diar, Kalau tujuannya untuk menguri kandungan alkohol pada teh kombucha yang dikonsumsi sehari hari, saya pikir dengan cara sering membuka tutupnya, tidak begitu signifikan dampaknya bu.

Dari yang saya tau, alkohol memang bisa menguap jika disimpan tanpa tutup, tapi proses itu butuh waktu yang tidak sebentar. Dan mengingat teh kombucha adalah “minuman hidup” dimana selama ia disimpan, bakteri tetap melakukan aktivitas fermentasinya, dan selama itu juga bakteri akan tetap memproduksi/menghasilkan alkohol.

Tapi ada fakta menarik dari hasil uji lab (kandungan alkohol teh kombucha) oleh Indo Kombucha, dimana ada penurunan kadar alkohol pada sampel teh kombuchanya. Sampel yang usianya 1 minggu kadar alkoholnya 0,8% kemudian untuk yang 1 bulan menjadi 0,3% dan untuk yang 3 bulan turun menjadi 0,1% (hampir tidak ada). Silahkan baca artikelnya disini : “Teh Kombucha Halal atau Haram?”

Kenapa itu bisa terjadi? saya pribadi juga belum tau persis, dan saya juga belum mendapatkan informasi, apakah selama sampel tersebut di simpan, kondisinya ditutup rapat atau tidak, saya belum tau Bu.

Saya pribadi berpendapat bahwa, alkohol pada teh kombucha tidak perlu di kuatirkan, karena volumenya sangat kecil (max. hanya 0,8%) aman bagi kesehatan. Disamping kandungan alkoholnya tidak berdampak buruk bagi kesehatan, juga tidak memabukan. Tapi disatu sisi, benefit yang kita dapatkan dari Teh Kombucha sangatlah luar biasa.


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)