Belatung pada fermentasi teh kombucha

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha
Belatung Lalat Buah pada baby scoby

Tanya :

Setelah beberapa hari fermentasi, saya lihat ada belatung di permukaan lapisan scoby, gimana cara ngatasinya ya?

Jawab :⁣

1. Penyebab
Pelaku utama munculnya belatung di dalam toples, adalah si Lalat Buah (LB). Tapi jangan kuatir, ini bisa di atasi.

Walaupun agak serem, tapi belatung LB ini engga berbahaya kok.

Si LB seneng banget sama aroma asam kombucha, itu kenapa toples fermentasi menjadi tempat favoritnya.

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha - tutup toples
Lalat buah sangat suka aroma teh kombucha

Munculnya belatung, disebabkan karena adanya celah masuk si LB melalui cover toples (kain/tisu).

Biasanya di bagian samping, ada tuh bagian kain/tisu yang kelipat, nah disitulah celah masuknya.

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha - Celah Masuk Lalat Buah
Contoh celah masuk lalat buah melalui lipatan tisu/kain

Cover toples menggunkan kain cenderung lebih rentan, karena pori kain sebetulnya cukup besar bagi si LB.

Bahkan si LB bisa bertelur dari lapisan atas kain loh, dan telurnya masuk ke dalam toples melalui pori kain.

Dari telur –> belatung –> kembali menjadi lalat buah.

2. Dampak
Nahhh… Kalau sudah terlanjur seperti ini, wah party disko tuh si LB family sama temen2nya di dalem toples. rame banget.

Selain dipenuhi belatung, pertumbuhan lapisan scoby juga bakal berhenti.

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha - Pertumbuhan baby scoby berhenti
Pertumbuhan baby scoby jadi tidak optimal karena belatung

Dinding toplespun jadi kotor, karena di tempel sama LB yang sudah mati dan mengering. Kotor banget lah kelihatan dari luar.

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha - Dinding toples jadi kotor
Belatung & telur belatung yang mengering di dinding toples

3. Cara mengatasi
Sekali lagi, walaupun agak serem, tapi belatung LB ini engga berbahaya kok.

Tapi tergantung seberapa parah sih. Kalau udah parah banget, dibuang aja. Kalau seperti di foto, itu masih bisa di atasi.

Kuncinya, saat kombucha dipanen, larutan kombucha wajib disaring.

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha - Menyaring teh kombucha
Teh Kombucha disaring ke dalam botol kaca

Scoby yang udah ketempel belatung-belatung ini, bisa kamu bersihkan pakai teh kombucha (jangan pakai air ya), bisa di gosok-gosok dulu pakai tangan, terus di bilas sampai bersih.

Atau bisa juga di semprot menggunakan sprayer yang kamu isi teh kombucha di dalamnya.

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha - Sprayer untuk bersihkan scoby
Sprayer untuk disemprotkan ke scoby agar bersihkan dari belatung

Kalau sudah bersih, scobynya bisa kamu pakai kembali. Teh kombuchanya bisa kamu minum (disaring ya)

Belatung Lalat Buah Teh Kombucha - Kombucha yang sudah disaring
Teh Kombucha yang telah di saring

Buat kamu yang mengalami masalah ini, bisa komen di bawah ya. nanti kita bantu.

NB. Batch yang di foto, memang sengaja dibiarkan terbuka di hari pertama fermentasi, agar kemasukan LB dan berbelatung (untuk kebutuhan konten).

#kombucha #scoby #wikikombucha #wikikombucha_faq⁣ #keluargakombucha


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)