Cara membuat jamur kombucha tebal dan putih bersih

Cara membuat jamur kombucha

Pertanyaan :

Ibu Dinna Maharani – Surabaya

assalamualaikum, paketnya sudah sy terima dengan baik pak, packing rapi n kualitas scoby nya juga bagus sekali pak…. saya boleh tanya pak? bagaimana cara membuat jamur kombucha seperti yang bapak kirim ini ya? tebal, kenyal, berwarna putih bersih… karena sebelumnya saya sudah pernah punya kombucha yg saya dapat dari teman. tapi tumbuhnya tipis dan tidak beraturan gitu lapisannya pak. Apa ini scoby jenis lain ya Pak? Terima Kasih.

 

Jawaban :

Waalaikumsalam Bu Dinna, sejauh yang saya tau, Scoby hanya ada satu jenis Bu. hanya saja biasanya teksturnya memang bisa jadi beranekaragam. Ada yang tumbuh tipis, ada yang permukaannya datar, ada yang berbintik bintik, ada yang berwarna gelap, dan ada yang berwarna putih bersih, dan sebagainya.

Perbedaan tekstur ini dipengaruhi dari lingkungan dimana scoby ini tumbuh. Misal Ibu menggunakan daun teh hitam pekat saat membuat teh kombucha, maka scoby ini lama lama akan berwarna gelap. Sedikit berbeda jika menggunakan daun teh hijau organik, scoby akan berwarna lebih terang dan cendrung berwarna putih bersih. Jika ibu menggunakan bunga rosela, maka scoby akan terlihat berwarna pink. Jadi scoby akan menyerap warna dimana ia tumbuh.

Kemudian dari tekstur ketebalan ataupun tipis, kalau dari pengalaman saya pribadi, itu dipengaruhi dari nutrisi yang terkandung dalam larutan teh yang kita pakai saat fermentasi. Beberapa tahun yang lalu saya lebih suka membuat teh kombucha dengan teh saset merk teh poci dan gula pasir biasa yang bisa dibeli di toko toko dekat rumah saya, hasilnya scoby saya semakin hari terlihat semakin gelap, dan baby scoby yang tumbuh tidak begitu tebal padahal sudah beberapa kali proses fermentasi.

Kemudian akhirnya saya mulai mencoba menggunakan daun teh hijau kualitas premium dan gula organik kualitas premium juga, ternyata hasilnya jauh berbeda. Teksturnya lebih tebal dan berwarna putih bersih.

Dari sana saya belajar bahwa, scoby yang tebal dan berwarna putih bersih, dihasilkan dari bahan baku yang berkualitas.

Akhirnya kami mulai lebih serius mengamati dan mengembangkan bibit kombucha / scoby yang memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Selain dilihat dari teksturnya yang jauh lebih baik, scoby yang kami kembangkan juga aman dari serangan mold. Kami menggaransi untuk batch fermentasi pertama 100% berhasil. Asalkan mengikuti langkah langkah yang di jelaskan pada tutorial.

Untuk anda yang ingin mencoba membuat Teh Kombucha sendiri di rumah, anda bisa mendapatkan Scoby kulitas super di link ini -> [Scoby S Kulitas Super diamter 9cm]

 

Baca juga artikel yang khusus membahas tentang ini di link berikut :

Cara Membuat Bibit Kombucha

 

Cara Membuat Bibit Kombucha Tanpa Starter?


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)