Cara menumbuhkan jamur dipo / jamur kombucha / scoby

Cara budidaya jamur kombucha Cara menumbuhkan jamur dipo

Pertanyaan :

Sofyan Surya – Jakarta

Hallo Pak Adi, saya mau tanya.  jadi begini pak, dulu saya pernah dikasih jamur dipo (kombucha) oleh saudara saya tapi karena tidak terurus dengan baik akhirnya jamur diponya mati. Lama lama saya baru ngeh lagi tentang jamur dipo karena banyak teman saya yang merawat jamur dipo di rumahnya. Dan jadi kepikiran untuk belajar proses pengembangbiakan jamur dipo. Saya cari cari informasinya di internet akhirya ketemu blog Wiki Kombucha. Bisa sharing sedikit Pak, bagaimana cara menumbuhkan jamur dipo ini di tempat Bapak. Terima Kasih.

 

Jawaban :

Hallo Bapak Sofyan, pertama tama saya ucapkan Terima Kasih sudah berkunjung ke website kami. Sebetulnya kami sering menerima pertanyaan yang serupa terkait tentang “Cara menumbuhkan jamur dipo”.

Proses menumbuhkan jamur dipo/kombucha sebetulnya sangat sederhana Pak. Hampir sama seperti membuat teh kombucha pada umumnya, atau seperti saat bapak membuat teh kombucha seperti biasanya. Dimana setelah setelah beberapa hari fermentasi maka akan tumbuh baby scoby / lapisan scoby baru di permukaan larutan teh. Hanya saja saat pembuatan bibit kombucha ini, proses fermentasi dilakukan sampai berbulan bulan, agar lempengan baby scoby berukuran cukup tebal. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti, suhu ruangan, pastikan tempat fermentasi di tempat yang gelap, terhindar dari getaran, dan lain sebagainya.

Beberapa minggu lalu saya sempat membuat tulisan yang khusus membahas tentang “Cara membuat bibit kombucha” disana saya jelaskan cukup detil, mulai dari penyiapan bahan, penyiapan alat alat, pembuatan larutan baku, proses pembentukan lempengan scoby, hingga ke proses panen. Silahkan simak di link ini ya Pak Klik –> Cara membuat bibit kombucha

Semoga pertanyaan Bapak terjawab pada link diatas ya Pak 🙂

 


Follow kami

Testimoni

Darwin
06/08/2022 - 3 hari lalu

Luar Biasa!
Kualitas dan packingan selalu terbaik
Fandy Septiana
22/07/2022 - 18 hari lalu

Luar Biasa!
Laksmi Titisari
21/07/2022 - 19 hari lalu

Luar Biasa!
Gusti Chandra Rizki
20/07/2022 - 20 hari lalu

Luar Biasa!
Julfajar
19/07/2022 - 21 hari lalu

Luar Biasa!
Muhamad Wirdan Bazilie
11/07/2022 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Muhamad Wirdan Bazilie
11/07/2022 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Arik Widiyawati
20/06/2022 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!
Hizkia
16/06/2022 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!
mantab , mulus dan tebal
Agung Trisno
15/06/2022 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!