Cara minum Teh Kombucha

Cara minum Teh Kombucha

Jika ada yang menanyakan, “Bagaimana cara minum Teh Kombucha?” sebetulnya tidak ada cara yang pakem untuk meminum Teh Kombucha. Minumlah Teh Kombucha selayaknya meminum jus buah pada saat anda haus. Teh Kombucha bisa diminum langsung, di tambahkan flavour, ataupun dijadikan bahan tambahan makanan & minuman lainnya.

Dosis minum Teh Kombucha

Berapa banyak kita bisa minum Teh Kombucha per hari? Jawabannya : Sangat relatif. Bagai orang yang sudah terbiasa minum Teh kombucha, ia bisa mengkonsumsi Teh Kombucha sebanyak yang ia butuhkan. Ingat, apapun jika dikonsumsi secara berlebihan pasti tidaklah baik. Jadi minumlah sesuai kebutuhan. Tapi bagi anda yang belum pernah minum Teh Kombucha sama sekali, anda bisa menggunakan pedoman dosis dibawah ini.

Takaran saji untuk umur lebih dari 18 tahun (Dewasa) = 330 ml (1 gelas/sajian) :

15 – 17 tahun = 3/4 dari takaran saji dewasa
10 – 14 tahun = 1/2 dari takaran saji dewasa
5 – 9 tahun = 1/3 dari takaran saji dewasa
3 – 4 tahun = 1/4 dari takaran saji dewasa
1 – 2 tahun = 1/10 – 1/5 dari takaran saji dewasa (boleh diberikan jika balita anda sudah mampu mencerna madu)

Sumber : Diambil dari E-book yang berjudul “Kombucha yang menakjubkan” karangan Günther W. Frank.

Minumlah 3 kali sehari per takaran saji, pada pagi hari, siang hari dan malam hari sebelum tidur. Teh Kombucha terasa lebih nikmat jika disajikan dingin, baik ditambahkan es batu ataupun didinginkan di lemari es.

Perlu anda ketahui juga bahwa, Teh Kombucha bisa menimbulkan efek samping pada sebagian orang, terutama bagi mereka yang memang sudah memiliki tumpukan racun yang berlebihan di dalam tubuhnya. Efek samping Teh Kombucha terjadi karena adanya proses detoxify cleansing, yaitu proses pembersihan zat – zat racun dalam tubuh. Semakin banyak racun yang dikeluarkan selama proses detox, maka proses itu akan terasa semakin tidak nyaman. Tapi efek samping ini hanya bersifat sementara selama proses detox awal saja, sedangkan manfaat dari Teh Kombucha bisa kita nikmati jangka panjang. Sekali lagi, efek samping Teh Kombucha tidak timbul pada semua orang, hanya timbul pada mereka yang tubuhnya memiliki tumpukan racun berlebihan. Baca selengkapnya disini : [Efek samping Teh Kombucha]

 

First Fermentation & Secondary Fermentation Teh Kombucha

Di “dunia perkombuchaan” ada istilah : First Fermentation & Second Fermentation.

First Fermentation (Fermentasi tahap pertama) adalah proses “fermentasi wajib” yang dilakukan antara Scoby dan larutan teh manis selama kurang lebih 7 – 14 hari. Proses inilah yang mengubah larutan teh manis biasa, menjadi Teh Kombucha. Dengan kata lain, First Fermentation adalah proses fermentasi yang umum dilakukan saat membuat Teh Kombucha. Selengkapnya : [Cara Membuat Teh Kombucha.]

Second Fermentation (Fermentasi tahap dua) adalah proses fermentasi yang terjadi setelah Teh Kombucha di panen dan di pindahkan ke wadah yang baru. Proses Second Fermentation dilakukan tanpa induk kombucha/scoby, walaupun begitu fermentasi akan tetap terus terjadi pada larutan teh kombucha, karena pada larutan teh kombucha terkandung bakteri probiotik yang terus menerus melakukan aktivitas fermentasi. Pada tahap second fermentation ini banyak yang melakukannya dengan menambahkan jus buah, potongan buah dan semacamnya, agar menciptakan rasa yang berbeda, lebih kuat dan berkarbonasi.

 

 

Setelah mengetahui apa itu First Fermentation & Second Fermentation, mari kita mulai membahas tentang “Bagaimana cara minum Teh Kombucha?”. Pertama tama, lakukan First Fermentation, proseslah sesuai petunjuk. [Cara Membuat Teh Kombucha.]  Proses fermentasi antara 7 – 14 hari. Saat Teh Kombucha siap dipanen, pemindahan induk kombucha dari larutan Teh Kombucha, lanjutkan dengan proses penyaringan sekaligus memindahkan larutan Teh Kombucah ke wadah yang baru. Dan kini teh Kombucha siap di konsumsi.

Cara minum Teh Kombucha

1. Minum Teh Kombucha dengan cara sederhana

  • Minum Teh Kombucha secara langsung – Setelah proses fermentasi antara 7 – 14 hari, larutan teh kombucha sudah siap dikonsumsi, anda bisa langsung meminumnya dengan menyaringnya terlebih dahulu. dan langsung meminumnya tanpa perlu tambahan apa apa lagi. Teh Kombucha yang langsung anda minum sesaat setelah panen, rasanya lebih kuat, khas kombuchanya benar benar lebih terasa.
  • Minum Teh Kombucha dengan didinginkan terlebih dahulu di kulkas – Teh Kombucha sangat nikmat diminum jika didinginkan terlebih dahulu, terutama di siang hari. Rasa asam yang segar dari Teh Kombucha bikin tubuh jadi relax. Sebelum anda mendinginkan Teh Kombucha di dalam kulkas, pastikan larutan teh kombuchanya dimasukan ke wadah yang ditutup rapat, bisa berupa botol atau jar kecil seperti di gambar. Tujuannya agar tidak terkontaminasi oleh aroma lain di dalam kulkas. Untuk wadahnya sendiri sebaiknya gunakan bahan kaca, jika tidak ada, anda bisa gunakan wadah plastik yang berlabel PP Foodgrade.
  • Minum Teh Kombucha dengan ditambahkan es batu – Setelah teh kombucha di panen dan dipisahkan dengan Induk Kombuchanya, wadah Teh Kombucha tersebut tidak harus ditaruh di kulkas, anda bisa menaruhnya di mana saja, asalkan wadahnya tertutup rapat, seperti di meja makan contohnya. Saat anda ingin meminumnya tinggal dituangkan sesuai kebutuhan. Ada perbedaan rasa saat anda minum Teh Kombucha yang didinginkan di kulkas dengan yang ditambahkan es batu. Untuk teh kombucha yang disajikan dengan es batu, rasanya lebih ringan, lebih mudah di teguk, dan sensasinya sedikit berbeda.

Tidak semua orang suka dengan rasa khas Teh Kombucha, mungkin jika anda adalah salah satunya, anda bisa menikmati teh kombucha dengan cara yang berbeda. Yaitu dengan cara menambahkan flavour. Bagian ini adalah salah satu bagian yang paling menarik. Proses flavouring ini dilakukan pada tahap Second Fermentation, sesaat setelah teh kombucha di panen.

Cara minum Teh Kombucha

2. Minum Teh Kombucha dengan menambahkan Flavour

  • Menambahkan Jus buah – Pertama tama, pilih buah favorit anda, pastikan anda membersihkan/mencucinya terlebih dahulu, kemudian jus seperti biasa, dan jangan lupa saring. Setelah disaring, sari buah inilah yang kita campurkan dengan larutan teh kombucha untuk diproses second fermentation. Siapkan botol yang bertutup, kemudian tuangkan sari buah dan larutan teh kombucha kedalam botol. Lalu tutup botolnya, simpan selama -+ 4 – 7 hari. Biasanya di hari ke 4 sudah siap untuk di konsumsi. Catatan : Air yang digunakan untuk proses jus buah, adalah air siap minum yang steril, bukan air mentah.
  • Menambahkan Potongan buah – Prinsipnya sama dengan menambahkan jus buah, bedanya dengan “potongan” buah, saat siap dikonsumsi, kita lebih mudah menyaringnya. Tapi dengan cara ini, menurut saya pribadi rasanya lebih ringan jika dibandingkan menggunakan sari buah hasil jus.
  • Menambahkan sirup rasa rasa buah – Jika anda tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan buah – buahan, anda juga bisa menambahkan flavour dari produk sirup rasa buah. Tapi biasanya produk produk sirup yang dijual di pasaran, mengandung zat pengawet seperti “natrium benzoat”. Zat pengawet ini sifatnya “anti bakteri”, sehingga bisa membunuh bakteri probiotik yang ada dalam larutan teh kombucha. Saran saya, jika terpaksa harus menggunakan sirup rasa rasa buah, pastikan sirup tersebut berlabel organik bebas dari zat pengawet.

Perlu di ketahui bahwa, saat jus buah maupun potongan buah melewati proses fermentasi, rasa buahnya tidak sama lagi seperti saat buah tersebut masih dalam kondisi segar. Dari pengalaman saya pribadi, tidak semua buah segar yang enak dimakan, akan menghasilkan rasa yang enak setelah dilakukan second fermentation oleh Teh Kombucha. Tapi tentu ini tentang selera masing – masing. Pada intinya, rasanya tidak sama antara saat kondisi baru di jus dan saat setelah di proses fermentasi. Tidak hanya buah – buahan, anda juga bisa menambahkan herbal lainnya, seperti : umbi umbian, sayur sayuran, daun daunan berkhasiat dan lain sebagainya.

Cara minum Teh Kombucha

3. Menjadi bahan tambahan makanan & minuman

  • Tambahkan ke rujak buah kesukaan anda – Bagi anda pencinta rusak buah, cara ini wajib anda coba. Yang digunakan disini adalah Teh Kombucha original. Tambahkan teh kombucha secukupnya pada rujak anda, rasa asam teh kombucha dicampur pedas manis bumbu rujak, membuat rasa rujak semakin unik.
  • Tambahkan ke salad – Sebagian orang yang tidak terbiasa memakan sayur sayuran mentah, mungkin akan ada rasa enek saat mengkonsumsi salad. Dengan menambahkan Teh Kombucha ke dalam salad, bisa meringankan rasa enek. Karena Teh Kombucha menyamarkan rasa hambar pada sayur.
  • Tambahkan ke es buah – Menambahkan teh kombucha ke Es buah membuat rasa es buah lebih kuat, mungkin karena rasa asamnya. Tidak hanya es buah, anda bisa menambahkannya juga ke Jus buah (dikonsumsi langsung).

Selain tiga contoh diatas, anda juga bisa  tambahan Teh Kombucha ke makanan & minuman lainnya sesuai selera.

Cara minum Teh Kombucha

4. Konsumsi Teh Kombucha dengan cara dikombinasikan dengan jamu

  • Minum Teh Kombucha dengan tambahan madu – Teh Kombucha semakin lama disimpan rasanya akan semakin asam, gunakan madu untuk menambah rasa manis pada Teh Kombucha. Atau jika anda mengkonsumsi madu secara rutin setiap hari, bisa anda kombinasikan juga degan Teh Kombucha, dengan menambahkan madu kedalam larutan Teh Kombucha, aduk sampai larut, lalu diminum.
  • Tambahkan Teh Kombucha kedalam jamu – Tidak semua orang suka minum jamu bukan? sekali lagi, rasa asam pada teh kombucha bisa menjadi penetral rasa aneh pada segala jenis makanan & minuman, termasuk jamu. Jika anda adalah salah satu orang yang tidak suka minum jamu karena rasanya yang aneh, anda bisa coba tambahkan secukupnya teh kombucha pada jamu, aduk, kemudian cobalah minum. Rasanya lebih ringan dan mudah di teguk.
  • Gunakan teh kombucha untuk mengekstrak nutrisi tumbuhan herbal – Biasanya ada tumbuh tumbuhan obat tertentu yang jika ingin dikonsumsi harus di rebus terlebih dahulu sebelum di konsumsi, tujuan perebusan adalah untuk mengeluarkan nutrisi dari tumbuhan tersebut agar larut dalam air, saat sudah larut, barulah di minum. Tapi taukah anda, proses perebusan/pemanasan mengakibatkan banyak zat – zat yang berharga pada tumbuhan menjadi rusak. Ada opsi lain, anda bisa mencobanya dengan melakukan “secondary fermentation” tumbuhan tersebut dengan teh kombucha. Prosesnya sama persis seperti melakukan proses secondary fermentation pada potongan buah. Dengan proses fermentasi, zat – zat yang ada dalam tumbuhan akan terekstrak dengan lebih sempurna jika dibandingkan dengan metode penyeduhan.

 

Terkait “Cara minum Teh Kombucha?”, diluar yang telah dijelaskan pada artikel ini, anda bisa bebas berinovasi sesuai selera masing masing. Silahkan bagikan pengalaman anda pada kolom komentar di bawah, jika anda punya cara unik dan menarik terkait topik kita kali ini yaitu “Cara minum Teh Kombucha?”. Semoga artikel ini bermanfaat. 🙂

 


Follow kami

Testimoni

Mow Said
10/06/2021 - 7 hari lalu

Luar Biasa!
barang diterima dalam sehari. Penjual juga mengirimi saya barang tambahan. silahkan jika Anda berpikir untuk membeli item jangan ragu-ragu. sekali lagi terima kasih
Titin Isyana
09/06/2021 - 8 hari lalu

Luar Biasa!
Dena
07/06/2021 - 10 hari lalu

Luar Biasa!
sesuai kualitas Sudah pasti SCOBY ini kualitas bagus tidak abal-abal. Terimakasih ya.. sudah dikasi lebih
Nicolas Leo
05/06/2021 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
adminnya baik banget scobynya juga bagus pokoknya recommended
Dewa Juana
04/06/2021 - 13 hari lalu

Luar Biasa!
Evan permana
03/06/2021 - 14 hari lalu

Luar Biasa!
Ritarit
03/06/2021 - 14 hari lalu

Luar Biasa!
Dulu Mama Sya Di Ksih Tetanga JamurTeh Nya Gara2 KenaGusuran GkKburu Abil Saat Itu Sudah Setengah ToplesTbel ) Alhadllilah Punya Lagi )Terima kasih, AtasKehadiran Nya Ok Lazada
Sentot
02/06/2021 - 15 hari lalu

Luar Biasa!
Nonik
02/06/2021 - 15 hari lalu

Luar Biasa!
Packaging aman, produk oke banget. thankyou
Khairun Fajri Arief
01/06/2021 - 16 hari lalu

Luar Biasa!
Koombucha kualitas mantap, tebal dan pengiriman cepat.