Efek samping Jamur Kombucha

efek samping jamur kombucha

Jika anda pernah membaca atau mendengar informasi bahwa minum Teh Kombucha bisa menimbulkan masalah saat diminum, maka ada 2 kemungkinan penyebabnya :

  1. Karena dibuat dengan bahan yang salah dan cara produksi yang salah
  2. Karena akibat dari proses detoksifikasi dalam tubuh

Mari kita bahas satu persatu :

1. Teh Kombucha dapat menimbulkan masalah jika dibuat dengan bahan dan cara yang salah

Jus buah pun bisa menjadi beracun jika anda menggunakan bahan yang salah, air yang tidak steril, peralatan yang tidak steril dan cara proses yang keliru. Begitu juga dengan Teh Kombucha.

Simak pendapat ahli gizi terkait hal ini :

Selama anda membuatnya dengan benar, maka Teh Kombucha akan memberikan khasiat yang luar biasa untuk anda. Membuat Teh Kombucha ada seninya, itu kenapa setiap orang yang membuat Teh Kombucha akan menghasilkan kualitas yang berbeda beda, baik dari segi tekstur, warna, aroma dan rasa.

Jika anda ingin menghasilkan Teh Kombucha yang berkualitas, silahkan simak disini : “Tutorial lengkap, Cara membuat Teh Kombucha yang baik dan benar”.

 

2. Teh Kombucha menimbulkan efek samping akibat proses detoksifikasi dalam tubuh

Teh Kombucha selain memiliki segudang manfaat bagi tubuh, Ia juga “mungkin” akan memberikan efek samping. Tetapi efek samping ini tidak dirasakan oleh semua orang yang mengkonsumsi Teh Kombucha, hanya dirasakan oleh orang – orang tertentu saja.

Lalu kenapa ada yang mengalami efek samping, dan ada yang tidak? Jawabanya : Itu karena efek samping yang timbul berasal dari tubuh kita sendiri.

Mari kita bahas, kenapa bisa demikian. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Josh Axe dan beberapa pakar lainnya, bahwa salah satu fungsi dari Teh Kombucha adalah memicu terjadinya proses detoxify cleansing, yaitu proses pembersihan zat – zat yang bersifat racun dari dalam tubuh untuk kemudian dikeluarkan melalui sistem ekskresi (proses pengeluaran sampah atau sisa metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh. contoh : pengeluaran urine dan keringat) dan defekasi (proses pengeluaran sisa sisa pencernaan makanan).

Kondisi tubuh setiap orang tentu berbeda beda, efek samping jamur kombucha ini umumnya hanya dirasakan oleh orang – orang yang memang sudah memiliki kondisi tubuh dengan “tingkat polusi yang tinggi”. Dan efek samping ini bersifat sementara, hanya akan dirasakan pada saat awal – awal saja.

Setelah beberapa hari rutin mengkonsumsi Teh Kombucha, efek samping yang dirasakan sebelumnya akan semakin mereda, kemudian lama lama akan hilang. Setelah itu, tubuh akan terasa lebih ringan dan lebih sehat, karena zat – zat racun dalam tubuh anda telah dikeluarkan selama proses detox tersebut.

Berikut adalah hal – hal yang “mungkin” dirasakan sebagian orang, selama proses detox Teh Kombucha :

  • Frekuensi BAB menjadi lebih sering (diare ringan)
  • Begitu juga buang air kecil
  • Kemudian untuk sebagian orang akan merasa mudah berkeringat
  • Merasa kelelahan
  • Suhu tubuh meningkat
  • Pusing

Tips : Jika anda pertama kali minum Teh Kombucha, Minumlah Teh Kombucha dengan takaran yang bertahap, mulai dari 100ml (1x sehari) di hari pertama, kemudian 200ml (1x sehari) dihari kedua, 300ml (1x sehari) di hari ketiga. Jika anda tidak mengalami efek samping yang berlebihan atau bahkan tidak mengalami efek samping sama sekali, silahkan minum Teh Kombucha dengan takaran normal yaitu 330ml (1-3x sehari). Untuk rasa yang lebih nikmat, sajikan Teh Kombucha dengan es batu atau di dinginkan di lemari es.

Catatan : Jika anda setelah mengkonsumsi Teh Kombucha dan mengalami efek samping, dan efek samping yang anda alami bersifat berlebihan dan berturut – turut selama lebih dari 3 hari, maka sebaiknya hentikan konsumsi Teh Kombucha untuk sementara. Jika efek sampingnya tidak berlebihan, silahkan lanjutkan sesuai takaran diatas dan ingatlah bahwa, proses ini adalah detoxify cleansing yaitu proses membersihkan zat – zat racun dalam tubuh, semakin banyak racun yang dikeluarkan selama proses detox, maka proses itu akan terasa semakin tidak nyaman.

Efek samping Jamur Kombucha yang umum lainnya, seperti :

  • Perut akan terasa kembung, bagi yang memiliki riwayat mag
  • Terkadang menimbulkan rasa kering di tenggorokan

Dua hal diatas diakarenakan oleh zat asam organik yang terkandung pada larutan Teh Kombucha

 

Teh Kombucha wajib untuk anda yang memiliki ciri ini

Bagi anda yang merasa memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok, minum alkohol, sering terkena polusi, sering begadang, serta memiliki pola makan yang tidak baik seperti makan makanan instan berpengawet, makanan makanan yang digoreng dan berlemak, atau anda belum pernah mengkonsumsi minuman probiotik sebelumnya. Maka Teh Kombucha wajib bagi anda.

 

Demikian artikel yang membahas tentang pertanyaan “Efek samping Jamur Kombucha”, yang merupakan pertanyaan paling sering kami terima dari para sahabat di sosial media. Artikel ini akan terus dikembangkan, jika ada hal yang ingin anda tanyakan dan diskusikan, silahkan tulis komentar anda di bawah ini. Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih dan Sehat Selalu.

 


Testimoni

Yumna Shafa Yananda
25/11/2020 - 9 hari lalu

Luar Biasa!
Maria Titania
22/11/2020 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
Kualitas produk sangat baik. Produk original. Harga produk sangat baik. Kecepatan pengiriman sangat baik. Respon penjual sangat baik.
Randy Suqih Lambok
21/11/2020 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
Super! Tiap pembelian selalu puas to the max.
Henny Suhari
21/11/2020 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
Respon seller bagus sekali, sangat ramah. Packing ok bgt, very recommended!
Denmas Dody
19/11/2020 - 14 hari lalu

Luar Biasa!
Heri Dirgantara
15/11/2020 - 18 hari lalu

Luar Biasa!
Heri Dirgantara
15/11/2020 - 18 hari lalu

Luar Biasa!
Mery Chanaka
11/11/2020 - 22 hari lalu

Luar Biasa!
Quality Scoby sangat bagus, Besar & tebal
Galuh Anugrah
10/11/2020 - 24 hari lalu

Luar Biasa!
Lian
08/11/2020 - 26 hari lalu

Luar Biasa!