Jaga Daya Tahan Tubuh hingga Bikin Fokus, 6 Pilihan Teh Sehat ini untuk WFH

Foto : sunrisebotanics.com

Teh sudah lama jadi teman pegiat gaya hidup sehat. Kaya antioksidan serta punya segudang manfaat kesehatan jadi alasan utamanya.

Nah, mumpung beberapa hari ini kamu di rumah aja, enggak ada salahnya untuk minum teh yang lebih sehat. Teh juga mengandung kafein lho, jadi bisa bikin kamu semangat untuk kerja walaupun dari rumah.

Berikut ini kumparan rangkum alternatif pilihan teh sehat untuk temani kerja di rumah. Apa saja?

1. Teh dengan daun mint

Teh Daun Mint - Foto : satu-indonesia.com
Foto : satu-indonesia.com

Ini yang paling sederhana, teh dengan daun mint. Selain rasanya yang segar, daun mint juga punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Daun mint yang diseduh dengan air hangat diyakini bisa meningkatkan mood baik. 

Menurut jurnal yang diterbitkan Springer Berlin Heidelberg, Jerman, tahun 2016, teh mint bisa mengendurkan otot tegang penyebab sakit kepala. Sensasi dingin saat menghirup aroma daun mint juga akan membuat badan lebih rileks. 

Saran kami, minumlah teh mint sebelum bekerja seharian di rumah. Aroma segar daun mint dijamin membuat badan kembali segar dan bertenaga. Kandungan minyak di dalam daun mint juga akan meningkatkan fokus dan konsentrasi saat mengerjakan sesuatu. 

2. Teh bunga telang

Foto : pikiran-rakyat.com

Ini dia teh yang belakangan ramai karena warnanya yang cantik. Minuman yang juga dijuluki ‘blue tea’ atau teh biru ini juga mempunyai segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. 

Dilansir Times of India, kandungan antioksidan di dalam teh bunga telang yang cukup tinggi bisa dimanfaatkan untuk mengeluarkan racun serta menangkal radikal bebas

Selain itu, teh bunga telang juga bagus untuk menurunkan gula darah. Ia juga menjaga kesehatan kulit. 

Bunga telang juga dipercaya bikin kita fokus. Minumlah secangkir teh telang hangat sebelum beraktivitas. 

Bunga telang mengandung notropika yang biasanya dimanfaatkan sebagai suplemen untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi kognitif di otak. Bila dikonsumsi secara teratur, teh ini diyakini dapat mempertajam ingatan bahkan membuat badan terasa lebih segar. 

3. Teh chamomile

Foto : klikdokter.com

Salah satu manfaat teh chamomile yang paling banyak diketahui orang adalah untuk meredakan stres. Secangkir teh chamomile dapat menurunkan tingkat stres dan rasa gelisah.

Teh chamomile bisa jadi minuman yang sangat cocok untuk dinikmati selepas bekerja. Kandungan serotonin dan melatoninnya berperan cukup besar untuk mengingkatkan rasa nyaman dan santai.

Selain itu, teh chamomile juga sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh kamu. Kandungan senyawa Phenolic di dalam teh chamomile yang terbukti mampu melawan bakteri yang menginfeksi tubuh. 

4. Kombucha

Kombucha Menyehatkan Tubuh

Minuman dari fermentasi teh ini punya banyak banget manfaat. Sering dikonsumsi untuk tujuan kesehatan, teh ini memiliki berbagai kandungan asam organik, vitamin, dan probiotik. Teh kombucha memiliki manfaat yang sangat efektif bagi kesehatan perut dan usus, terutama dalam proses detoksifikasi.  

Teh kombucha mengalami proses fermentasi selama 14 hari. Bibit jamur kombucha dijadikan sebagai media fermentasi pada teh. 

Jamur yang berbentuk seperti pancake dengan tekstur kenyal ini akan mencerna gula menjadi asam organik, vitamin B dan C, serta asam amino dan enzim. 

5. Teh serai

Foto : promediateknologi.com

Teh serai dipercaya memiliki nutrisi yang ampuh meningkatkan kekebalan tubuh, hingga meredakan gangguan insomnia atau sulit tidur. 

Lebih dari itu, serai punya efek diuretik yang meningkatkan produksi urin. Nah, efek inilah yang akan membersihkan tubuh dari racun yang mengendap serta mengeluarkan kelebihan cairan tubuh. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan Journal of Agriculture and Food Chemistry 2005, serai juga punya sifat antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, tak terkecuali sel-sel pada kulit.

6. Teh hijau

Foto : insider.com

Teh hijau sudah lama dikenal sebagai salah satu minuman paling sehat. Karena minim proses, teh hijau tidak teroksidasi, sehingga kandungan antioksidannya sangat tinggi.

Selain itu teh hijau juga bisa jadi solusi mengempiskan kantung mata akibat kebanyakan laptopan. Kandungan kafein dalam teh hijau ternyata efektif menghilangkan kantung mata.

Jadi, setelah kamu meminumnya, masukkan ampasnya ke kulkas selama 10-20 menit. Lalu, letakkan di sekitar mata kurang lebih 30 menit. 

Nah, mungkin teh di atas bisa jadi alternatif teman kamu kerja di rumah. Jadi, enggak selamanya harus kopi, guys!

Penulis : Toshiko Potoboda

Sumber : kumparan.com


Follow kami

Testimoni

Ranty Mulina Safitri
28/09/2022 - 6 jam lalu

Luar Biasa!
Liem Alexander Halim
27/09/2022 - 1 hari lalu

Bagus!
Kualitas : bagus, Pengiriman sangat lama tapi akhirnya sampai dan diterima dengan baik. Packing rapi.. scobynya bagus dan dipacking dengan baik. Thanks seller
Meitha
26/09/2022 - 2 hari lalu

Luar Biasa!
Rasa : belom coba, Kualitas : good dapet 2 scobydoo packing rapi bgt, semoga aku bisa bikin kombucha nya
Karen
23/09/2022 - 5 hari lalu

Luar Biasa!
Scobynya bagus, bersih dan tebal. After sales servicenya baik. Recommended.
Deisy
22/09/2022 - 6 hari lalu

Luar Biasa!
Yenny lindawaty
20/09/2022 - 8 hari lalu

Luar Biasa!
Mahvira Octavia
15/09/2022 - 13 hari lalu

Luar Biasa!
Hana Maulinawati
14/09/2022 - 14 hari lalu

Luar Biasa!
Rina
12/09/2022 - 16 hari lalu

Luar Biasa!
Ambar Mawarini
11/09/2022 - 17 hari lalu

Luar Biasa!
Bagussss....top deh