Jamur Kombucha halal atau haram?

Jamur kombucha halal atau haram

Apakah Jamur Kombucha halal atau haram? Teh kombucha tidak memabukkan, teh kombucha tidak membahayakan kesehatan, justru memberi manfaat positif bagi tubuh, dan hasil uji Laboratorium menyatakan kandungan alkohol Teh kombucha tertinggi hanya 0,8%. Sebetulnya yang jadi illah (sebab) pengharaman khomr adalah karena “memabukkan”. Oleh karenanya, tidak tepat jika dikatakan bahwa khomr itu diharamkan karena adanya alkohol yang terkandung di dalamnya. Bahkan Al Qur’an dan Al Hadits sama sekali tidak pernah mengharamkan alkohol, namun yang dilarang adalah “khomr”, yaitu segala sesuatu yang memabukkan. Jadi “alkohol disebut “khomr” jika memabukkan, dan tidak disebut khomr jika tidak memabukkan.” Sumber : Muhammad Abduh Tuasikal (rumaysho.com).

 

Sebelum masuk ke pembahasan “Apakah Jamur Kombucha halal atau haram” kita akan pahami terlebih dahulu definisi umum tentang minuman haram itu apa, jenis – jenis dari minuman haram apa saja, serta apa isi dari kutipan keputusan fatwa MUI NO 4/2003 tentang pedoman fatwa produk Halal.

 

1. Definisi umum tentang minuman haram dalam Islam

Pada dasarnya semua minuman yang dikonsumsi manusia adalah halal namun dapat menjadi haram hukumnya disebabkan oleh kondisi tertentu. Minuman haram adalah minuman yang dilarang diminum oleh umat islam karena mudharatnya lebih besar dari manfaatnya. Minuman yang diharamkan dalam islam dapat dikarenakan sifatnya maupun dzatnya. Seseorang yang minum minumam haram tentunya berdosa dan dapat menyebabkan berbagai masalah. Minuman tersebut haram dikarenakan beberapa sebab diantaranya adalah :

  • Dikonsumsi secara berlebihan dan Allah SWt tidak menyukai hal-hal yang melampaui batas
  • Memabukkan dan dapat menghilangkan akal atau kesadaran seseorang.
  • Termasuk zat najis atau kotoran yang diharamkan.
  • Merupakan hak orang lain yang tidak boleh diminum sembarangan tanpa izin orang yang memilikinya.
  • Menjijikkan dan tidak sepantasnya dikonsumsi oleh manusia.
  • Mambahayakan kesehatan maupun nyawa manusia jika dikonsumsi

 

2. Jenis Minuman Haram

Berikut ini adalah minuman-minuman yang diharamkan dalam islam, silahkan klik jika ingin membaca penjelasan lengkap pada masing – masing point :

Darah adalah salah satu jenis makanan atau minuman yang diharamkan untuk diminum. Seperti halnya beberapa orang yang gemar minum darah binatang seperti ular dan sebagainya dengan alasan kesehatan atau untuk menyembuhkan suatu penyakit. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam ayat berikut ini :

قُلْ لَا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَىٰ طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلَّا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِيرٍ فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَإِنَّ رَبَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah: “Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi — karena sesungguhnya semua itu kotor — atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” ( QS Al an’am 145)

Minuman keras yang dimaksud dalam jenis minuman ini adalah minuman yang mengandung alkohol dan diharamkan dalam islam segala minuman yang memabukkan. Sebagaimana yang disebutkan dalam ayat berikut ini

“Semua yang memabukkan adalah khamr dan semua khamr adalah haram.” (HR. Muslim)

Umat islam dilarang meminum minuman yang diletakkan dalam bejana emas karena ini adalah satu bentuk hal yang berlebih-lebihan dan perilaku orang kafir sehingga Allah tidak menyukai hal tersebut. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini

Janganlah kalian minum dengan bejana yang terbuat dari emas dan perak dan jangan pula kalian makan dengan piring yang terbuat dari keduanya. Karena barang-barang tersebut adalah untuk mereka (orang-orang kafir) ketika di dunia.” (HR Bukhari)

Minuman yang membahayakan diri adalah minuman yang dicampur racun atau zat yang dapat membahayakan nyawa misalnya saat seseorang meminum racun dan mencoba menyakiti dirinya sendiri atau melakukan usaha untuk bunuh diri sementara perbuatan tersebut dikutuk Allah SWT. Seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini

“Tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain“

Minuman yang diperoleh dari mencuri atau menipu atau minuman yang dibeli dengan harta yang tidak halal seperti harta korupsi atau riba adalah haram diminum meskipun minuman tersebut dzat asalnya adalah halal. Seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian saling memakan harta sesama kalian dengan cara yang batil.” (An nisa 29)

Yand dimaksud dengan minuman yang mengandung zat diharamkan seperti darah, air liur anjing dan sebagainya misalnya saja minuman kesehatan atau jamu yang dicampur dengan darah binatang atau minuman yang dicampur dengan alkohol.

Najis adalah kotoran dan minuman yang mengandung najis haram hukumnya untuk dikonsumsi oleh umat islam. Semua hal yang najis haram hukumnya seperti darah dan bangkai namun segala yang haram belun tentu najis misalnya ganja atau obat-obatan terlarang.

Minuman dengan zat psikotropika atau minuman yang dicampur dengan obat bius dan lainnya, haram hukumnya untuk dikonsumsi karena dapat menghilangkan akal dan kesadaran dan efeknya sama seperti minuman keras yang menyebabkan kecanduan.

Minuman yang dianggap memiliki kekuatan misalnya minuman yang telah diberi jampi-jampi atau mantra dari seseorang yang dianggap orang pintar atau paranormal. Minuman tersebut haram hukumnya karena termasuk dalam perbuatan syirik dan mempercayai hal-hal yang sifatnya musyrik meskipun minuman tersebut ditujukan untuk menyembuhkan suatu penyakit.

 

3. Fatwa MUI tentang Makanan dan Minuman Beralkohol

Berikut ini adalah kutipan keputusan fatwa MUI NO 4/2003 tentang pedoman fatwa produk Halal :

a. Khamar adalah setiap yang memabukkan, baik minuman maupun yang lainnya. Hukumnya haram.

b. Minuman Yang termasuk dalam Kategori khamar adalah minuman yang mengandung ethanol (C2H5OH) minimal 1 %.

c. Minuman yang termasuk kategori khamar adalah najis.

d. Minuman yang mengandung ethanol dibawah 1 % sebagai hasil fermentasi yang direkayasa adalah haram atas dasar preventif, tapi tidak najis.

e. Minuman yang dibuat dari air perasan tape dengan kandungan ethanol minimal 1 % termasuk kategori khamar.

f. Tape tidak termasuk khamar.

g. Ethanol yang merupakan senyawa murni yang bukan berasal dari industri khamar adalah suci.

 

4. Pembahasan Jamur Kombucha halal atau haram?

Berdasarkan informasi diatas yang menjelaskan tentang definisi haram itu seperti apa, apa saja jenis – jenis minuman yang masuk dalam kelompok haram, kemudian dipertegas dengan kutipan dari keputusan fatwa MUI tentang pedoman fatwa produk Halal.

Jika kita bandingkan ciri – ciri minuman haram yang disebutkan diatas dengan karakteristik Teh Kombucha, maka :

  • Teh Kombucha bukan minuman memabukkan
  • Teh Kombucha tidak mambahayakan kesehatan, justru teh kombucha memberikan manfaat bagi kesehatan (teruji secara klinis)
  • Berdasarkan fatwa MUI, minuman yang termasuk dalam kategori khamar adalah minuman yang mengandung alkohol minimal 1%. sedangkan pada Teh Kombucha kandungan alkohol tertinggi tidak sampai 1%, yaitu hanya 0,8%. Anda bisa lihat dokumen uji Laboratorium yang dilakukan oleh Indo Kombucha Disini atau lihat pada lampiran.

Catatan : Dari 3 sampel Teh Kombucha yang diuji antara lain : Teh kombucha berumur 1 minggu, 1 bulan dan 3 bulan. Didapatkan kandungan alkohol tertinggi hanya sampai 0,8% saja, sedangkan yang terendah hanya 0,1% (hampir tidak ada).

Jika dibandingkan antara Teh Kombucha dengan obat batuk jenis sirup, obat batuk jenis sirup yang umum beredar dipasaran ini, kandungan alkoholnya rata – rata 3% – 10%. Tentu perbanding ini sangat jauh dengan kandungan alkohol Teh Kombucha yang hanya 0,1 – 0,8%.

Lalu kenapa obat – obatan yang mengandung alkohol ini tetap beredar dan tetap direkomendasikan oleh para pakar kesehatan? Karena obat batuk walaupun mengandung alkohol, obat batuk ini tidaklah memabukkan. Apakah anda pernah mabuk setelah minum obat batuk sesuai dosis? tentu tidak. Kecuali “mungkin” minum obat batuk dengan cara yang sangat berlebihan.

 

Sekali lagi, khamar adalah segala sesuatu yang memabukkan. Dalilnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ

Setiap yang memabukkan adalah khomr. Setiap yang memabukkan pastilah haram.[2]

 

Yang jadi illah (sebab) pengharaman khomr adalah karena memabukkan. Oleh karenanya, tidak tepat jika dikatakan bahwa khomr itu diharamkan karena adanya alkohol yang terkandung di dalamnya. Bahkan Al Qur’an dan Al Hadits sama sekali tidak pernah mengharamkan alkohol, namun yang dilarang adalah khomr yaitu segala sesuatu yang memabukkan.

Jadi yang tepat kita katakan bahwa, “alkohol disebut khomr jika memabukkan dan tidak disebut khomr jika tidak memabukkan.”

 

5. Kesimpulan apakah Jamur Kombucha halal?

Teh Kombucha adalah minuman yang masuk dalam kategori minuman halal dan aman untuk di konsumsi, karena Teh Kombucha berdasarkan karakteristiknya, tidak masuk kedalam kategori atau kelompok minuman yang diharamkan. Jadi, bagi anda yang awalnya ragu membuat dan meminum Teh Kombucha, mudah – mudahan dengan artikel ini kecemasan anda terjawab terkait pertanyaan “Jamur Kombucha halal atau haram?”

Demikian artikel tentang “Jamur Kombucha halal atau haram?”, yang merupakan salah satu pertanyaan yang paling sering kami terima dari para sahabat di sosial media. Artikel ini akan terus dikembangkan, jika ada hal yang ingin anda tanyakan dan diskusikan, silahkan tulis komentar anda di bawah ini. Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih dan Sehat Selalu.

Lampiran : Dokumen hasil uji laboratorium untuk kandungan alkohol Teh Kombucha oleh Indo Kombucha

Hasil tes laboratorium Teh Kombucha

Testimoni

Ahmad zaini arifandi
19/10/2019 - 5 hari lalu

Luar Biasa!
Alhamdulillah ternyata cepat sampainya,penjualnya ramah semoga berhasil buatnya ya trimakasih ,sukses selalu buat selernya.
dr. Elsa Widya Aprilia
18/10/2019 - 6 hari lalu

Luar Biasa!
Selalu puas kalau belanja disini. Packingannya rapi, sellernya responsif dan mau mengajari cara membuat Kombucha yang benar sehingga hasilnya bagus! Overall bintang 5.
Ni Putu Nitasari
17/10/2019 - 7 hari lalu

Luar Biasa!
Noor Tjahya HP
16/10/2019 - 8 hari lalu

Luar Biasa!
Barang sasuai yg diiklankan, respon cepat, packing bagus..
Fera Freesh
15/10/2019 - 9 hari lalu

Luar Biasa!
Packing rapih, scoby kualitas nya baik, dapat panduan yang tanpa expired... best lah..
Julia Irmiaty Irwan
14/10/2019 - 10 hari lalu

Luar Biasa!
Julia
14/10/2019 - 10 hari lalu

Luar Biasa!
semoga sembuh penyakit nya
Bobby Reinard
12/10/2019 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
Pelayanan sangat baik, pengiriman cepat. Produk tiba dengan kondisi baik
Krisno yusuf
12/10/2019 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
Kualitas produk sangat baik. Produk original. Harga produk sangat baik. Kecepatan pengiriman sangat baik. Respon penjual sangat baik. Bintang 5 harusan
Nabil Raihan
09/10/2019 - 15 hari lalu

Luar Biasa!