Kenapa Kombucha tenggelam?

Kenapa Kombucha tenggelam dan ada juga yang terapung?

“Kenapa Kombucha saya tenggelam ya Pak?”. Banyak yang mengirim pertanyaan mirip mirip seperti ini kepada saya, terutama dari teman – teman yang baru pertama kali mencoba membuat Teh kombucha. Mereka kuatir ada yang salah dengan kombuchanya. Tentang Scoby yang tenggelam atapun mengapung di permukaan, dua kondisi itu sangatlah normal, sama sekali tidak masalah dengan hal itu.

Pada artikel ini, ada 3 hal yang ingin saya share, yang berkaitan dengan pertanyaan “Kenapa Kombucha tenggelam” 3 hal tersebut adalah kondisi – kondisi yang umumnya terjadi selama proses fermentasi. Yaitu, scoby mengapung, scoby tenggelam dan scoby yang awalnya tenggelam setelah beberapa hari menjadi terapung. Kita bahas satu satu.

 

a. Scoby yang mengapung

Dalam proses pembentukan lempengan scoby, terjadi reaksi antara nutrisi larutan teh manis dengan bakteri kombucha, terkadang ditandai dengan adanya gelembung – gelembung oksigen yang muncul ke permukaan. Sedangkan pada waktu yang sama, terjadi pula pembentukan lapisan baru Scoby (baby scoby) dipermukaan larutan, sehingga seringkali mengakibatkan adanya gelembung – gelembung oksigen yang terperangkap, kemudian karena semakin lama lapisan dari baby scoby semakin tebal, akhirnya gelembung udara terperangkap didalam lapisan. Coba perhatikan video dibawah ini. Disana anda akan melihat cukup jelas, bagaimana gelembung – gelembung oksigen yang muncul ke permukaan selama proses pembentukan lempengan scoby.

 

b. Scoby tenggelam

Yang menyebabkan Scoby tenggelam, karena tekstur scoby nya lebih padat, proses pembentukannya lebih lama dibandingkan scoby yang mengapung, dalam proses pembentukan lempengan scoby yang tenggelam, reaksi dari larutan teh manis dengan bakteri kombucha ini tidak menimbulkan gelembung gelembung oksigen yang signifikan, pasti ada, tetapi gelembungnya lebih halus, sehingga tidak menyebabkan adanya gelembung yang terperangkap selama proses pembentukan baby scoby. Karena tidak mengandung gelembung oksigen, maka saat scoby ini dimasukan kedalam larutan teh, ia akan tenggelam ke dasar larutan.

Dan sekali lagi, hal ini adalah kondisi yang sangat normal. Karena setelah beberapa jam proses fermentasi, scoby yang awalnya tenggelam ini akan perlahan lahan naik dan mengapung di permukaan.

 

c. Scoby yang awalnya tenggelam, setelah beberapa jam melewati proses fermentasi, scoby tersebut mengapung dipermukaan

Walaupun awalnya scoby ini padat tanpa gelembung oksigen didalamnya, namun saat beberapa jam tenggelam didalam larutan teh manis, scoby mulai bereaksi dan menimbulkan gelembung gelembung halus. Gelembung – gelembung inilah yang mendorong lempengan scoby naik ke atas permukaan. Di tahap ini juga terjadi proses penebalan pada lempengan scoby (scoby lama yang menjadi starter), dan diwaktu yang sama pula terjadi proses pembentukan lempengan scoby (scoby baru) atau yang kita sebut dengan istilah baby scoby.

 

Catatan : Yang menentukan suksesnya batch fermentasi Teh Kombucha anda adalah bahan baku sesuai anjuran di buku panduan, cara produksi yang benar sesuai buku panduan dan bibit Scoby/Jamur Kombucha yang berkualitas. Ciri ciri Scoby kualitas yang baik adalah :

  • Tebal & Kenyal
  • Warnanya putih bersih
  • Tidak mudah robek
  • Tahan terhadap mold

 

 

Demikian artikel tentang “Kenapa Kombucha tenggelam dan ada juga yang terapung?”. Artikel ini akan terus dikembangkan, jika ada hal yang ingin anda diskusikan, silahkan tulis komentar atau hub. langsung ke 083835174788 (call/sms/whatsapp). Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih dan Sehat Selalu.

Testimoni

Anita
14/02/2020 - 5 bulan lalu

Luar Biasa!
Anita
14/02/2020 - 5 bulan lalu

Luar Biasa!
Winar viaud
03/01/2020 - 6 bulan lalu

Luar Biasa!
Sudah di terima dg baik. Packaging rapi
Anindito Ariwandono
27/12/2019 - 6 bulan lalu

Luar Biasa!
josssssssssssssssssss
Harvin Tijono
26/12/2019 - 6 bulan lalu

Luar Biasa!
Aman banget. makasih
Iwan Yunarto (Executive Sous Chef)
19/12/2019 - 7 bulan lalu

Luar Biasa!
Kualitas scoby nya bagus.. packing jga oke.. recommended pokonya..
Adi Wijaya
17/12/2019 - 7 bulan lalu

Bagus!
Anak Agung Istri Ari Budi Hartini
17/12/2019 - 7 bulan lalu

Luar Biasa!
Raihan
20/11/2019 - 8 bulan lalu

Bagus!
Anak Agung Istri Ari Budi Hartini
14/11/2019 - 8 bulan lalu

Luar Biasa!