Masa kadaluarsa atau lama masa simpan Teh Kombucha

Setelah Teh Kombucha di panen, jika di simpan dengan cara yang benar, teh kombucha tidak punya masa expired (kadaluarsa), ia tahan sampai 1 tahun bahkan lebih, tanpa harus di simpan di kulkas sekalipun.

Cara penyimpanan teh kombucha yang benar adalah, setelah teh kombucha di panen, langsung di pindahkan ke botol – botol kaca yang punya tutup kedap udara.

Selama botol ini tidak di buka, teh kombucha di dalamnya akan awet atau tidak rusak. Ini disebabkan karena teh kombucha punya zat alami yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab busuknya makanan/minuman (bakteri jahat).

Karena bakteri jahat tidak bisa hidup di dalam botol, maka proses pembusukan tidak terjadi. Ini yang akhirnya menyebabkan teh kombucha bisa tahan sampai bertahun tahun.

Kondisi ini juga terjadi pada minuman seperti : wine, bir, sampanye, dll… walupun di simpan bertahun tahun tapi tidak rusak, itu karena minuman – minuman tadi karakteristiknya hampir sama dengan kombucha, tapi bedanya teh kombucha tidak minuman memabukan.

Nah yang perlu di perhatikan juga, selain botol dengan tutup kedap udara, untuk menyimpan teh kombucha, disarankan menggunakan botol kaca yang ukurannya tidak begitu besar, kapasitas botol yang ideal menurut saya antara 300ml – 500ml lah kurang lebih. Tujuannya agar saat botol tersebut dibuka, teh kombucha di dalamnya langsung habis di konsumsi saat itu juga atau minimal habis di konsumsi pada hari yang sama terhitung saat botol di buka.

Foto kirim dari Oni Weda (customer wiki kombucha)

Kalau menggunakan botol ukuran besar, biasanya saat botol tersebut kita buka, kemudian teh kombuchanya kita konsumsi, dan tidak habis, maka sisanya kita simpan lagi, benar engga? Terus kita konsumsi keesokan harinya atau beberapa hari berikutnya.

Nah kondisi ini bisa menyebabkan 2 hal, yang pertama : teh kombucha kita tidak fresh lagi saat keesokan harinya kita konsumsi kembali, dan yang kedua : bisa membuat rasa teh kombucha yang disimpan tadi terasa lebih asam saat di konsumsi keesokan harinya.

Kecuali menggunakan botol besar tapi diminum habis di hari yang sama. itu tidak masalah.

Testimoni

Anita
14/02/2020 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!
Anita
14/02/2020 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!
Winar viaud
03/01/2020 - 3 bulan lalu

Luar Biasa!
Sudah di terima dg baik. Packaging rapi
Anindito Ariwandono
27/12/2019 - 3 bulan lalu

Luar Biasa!
josssssssssssssssssss
Harvin Tijono
26/12/2019 - 3 bulan lalu

Luar Biasa!
Aman banget. makasih
Iwan Yunarto (Executive Sous Chef)
19/12/2019 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!
Kualitas scoby nya bagus.. packing jga oke.. recommended pokonya..
Adi Wijaya
17/12/2019 - 4 bulan lalu

Bagus!
Anak Agung Istri Ari Budi Hartini
17/12/2019 - 4 bulan lalu

Luar Biasa!
Raihan
20/11/2019 - 5 bulan lalu

Bagus!
Anak Agung Istri Ari Budi Hartini
14/11/2019 - 5 bulan lalu

Luar Biasa!