Masa kadaluarsa atau lama masa simpan Teh Kombucha

Setelah Teh Kombucha di panen, jika di simpan dengan cara yang benar, teh kombucha tidak punya masa expired (kadaluarsa), ia tahan sampai 1 tahun bahkan lebih, tanpa harus di simpan di kulkas sekalipun.

Cara penyimpanan teh kombucha yang benar adalah, setelah teh kombucha di panen, langsung di pindahkan ke botol – botol kaca yang punya tutup kedap udara.

Selama botol ini tidak di buka, teh kombucha di dalamnya akan awet atau tidak rusak. Ini disebabkan karena teh kombucha punya zat alami yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab busuknya makanan/minuman (bakteri jahat).

Karena bakteri jahat tidak bisa hidup di dalam botol, maka proses pembusukan tidak terjadi. Ini yang akhirnya menyebabkan teh kombucha bisa tahan sampai bertahun tahun.

Kondisi ini juga terjadi pada minuman seperti : wine, bir, sampanye, dll… walupun di simpan bertahun tahun tapi tidak rusak, itu karena minuman – minuman tadi karakteristiknya hampir sama dengan kombucha, tapi bedanya teh kombucha tidak minuman memabukan.

Nah yang perlu di perhatikan juga, selain botol dengan tutup kedap udara, untuk menyimpan teh kombucha, disarankan menggunakan botol kaca yang ukurannya tidak begitu besar, kapasitas botol yang ideal menurut saya antara 300ml – 500ml lah kurang lebih. Tujuannya agar saat botol tersebut dibuka, teh kombucha di dalamnya langsung habis di konsumsi saat itu juga atau minimal habis di konsumsi pada hari yang sama terhitung saat botol di buka.

Foto kirim dari Oni Weda (customer wiki kombucha)

Kalau menggunakan botol ukuran besar, biasanya saat botol tersebut kita buka, kemudian teh kombuchanya kita konsumsi, dan tidak habis, maka sisanya kita simpan lagi, benar engga? Terus kita konsumsi keesokan harinya atau beberapa hari berikutnya.

Nah kondisi ini bisa menyebabkan 2 hal, yang pertama : teh kombucha kita tidak fresh lagi saat keesokan harinya kita konsumsi kembali, dan yang kedua : bisa membuat rasa teh kombucha yang disimpan tadi terasa lebih asam saat di konsumsi keesokan harinya.

Kecuali menggunakan botol besar tapi diminum habis di hari yang sama. itu tidak masalah.


Follow kami

Testimoni

Frederick Gaghauna
09/05/2021 - 4 hari lalu

Luar Biasa!
Pengiriman cepat kualitas prima. service memuaskan, dikasih bonus panduan lagi. mantap
Yusup Sapari
06/05/2021 - 7 hari lalu

Luar Biasa!
Bagus banget Scoby nya :)
Claudia Odit
01/05/2021 - 12 hari lalu

Luar Biasa!
Ade Fany / Jayen
23/04/2021 - 20 hari lalu

Luar Biasa!
Kak Audy, saya ingin menginfokan kalau scoby yg saya dpt dr Wiki Kombucha kmrn sangattt memuaskan Kak.. Kualitasnya baik sekalii.. Packaging dan pengirimannya sangat baikk Kak.. Saya dan tim di sini senang sekali. Terima kasih ya Kak Audy dan Wiki Kombucha..
Natalia
22/04/2021 - 21 hari lalu

Luar Biasa!
Bagus barang kondisi baik ga bocor .. respon penjual baguss
Devi Friska
21/04/2021 - 22 hari lalu

Luar Biasa!
Scoby sampai dengan aman, scobynya cantik dan kualitas bagus. DibungKus rapi pakai kotak juga. Trima kasih
Mama Bima
19/04/2021 - 24 hari lalu

Luar Biasa!
Ini ada 3 dalam 1 tempat apa emang dapet bonus yah,,,tapi gak ada buku petunjuknya biar tau bagaimana NANTI mah biar orang lebih paham lagi d copy in tuh cara yah,,,pko y terimakasih banyak semoga tambah lancar usaha y,,,sukses selalu
Rafly
19/04/2021 - 24 hari lalu

Luar Biasa!
jennifer
19/04/2021 - 24 hari lalu

Luar Biasa!
Packaging aman, produk oke banget. thankyou
Gede Surya
17/04/2021 - 26 hari lalu

Bagus!