Nostalgia di Tiga Roepa Galeri dan Kafe

Foto : gudeg.net

Gudeg.net — Satu lagi kedai kopi yang bertandem dengan kehidupan seni dapat kita temukan di Jogja bagian utara, tepatnya di kawasan Jalan Pandega Marta, Sleman.

Tiga Roepa Galeri Jadoel dan Kafe bisa jadi oase di tengah hiruk pikuk yang mulai menggeliat (kembali) di tengah pandemi.

Sesuai namanya, kedai ini dipenuhi dengan barang-barang tua. Perabot, ketel, cangkir, jam, vespa, dan suasananya seolah ingin membawa kita kembali ke masa saat sol sepatu tebal dan model rambut sasakan menjadi norma.

Foto : gudeg.net

Di kelilingi dengan vegetasi yang rimbun, angin begitu semilir di ruangan terbuka. Sesekali kita akan dihibur oleh makhluk yang ditahbiskan oleh kru Tiga Roepa sebagai ‘CEO Tiga Roepa’, kucing persia besar berwarna oranye yang kerap mondar-mandir di kedai.

“Pak Dennis (pemilik Tiga Roepa) almarhum ibunya adalah seorang seniman, dan ini adalah rumah beliau. ‘Tiga Roepa’ itu mencerminkan dari karya-karya lukisan dari almarhumah ibu,” jelas Sarah Rambe, manajer Tiga Roepa saat berbincang dengan Gudegnet, Senin (31/8).

Foto : gudeg.net

Ibunya terbiasa membuat karya dengan melihat dari tiga sisi. Entah itu warna, karakter, rasa, atau lainnya. Dennis berusaha menerapkan prinsip tersebut dalam kafenya.

Operasional sejak Mei 2020 lalu, kedai cantik ini melayani pembeli dari pukul 14.00-22.00 WIB. Tempat ini pun begitu apa adanya. Kursi dan meja diletakkan di tempat mana bisa diletakkan di kebun mungil tersebut. Tidak ada ruang yang dibuat-buat.

Selain daerah outdoor dan semi-outdoor, ada pula area tidak merokok di dalam. Namun jika ada pameran sedang berlangsung, ruang ini dijadikan ruang pamer.

Foto : gudeg.net

Menurut Sarah, mereka belum berusaha membuat menu signature atau khas milik mereka. Minuman yang tersedia pun masih berupa minuman basic hingga mereka bisa menemukan resep otentik milik mereka sendiri.

Walaupun begitu, menu minuman, yang katanya standar itu, tidak kalah nikmat. Gudegnet mencoba menu Americano Mango dan Kopsus Butterscotch. Saat sore yang cukup gerah saat itu, tentunya kami memilih dingin. Rasanya pas dan tidak terlalu manis.

Foto : gudeg.net

Seperti kafe maupun resto pada umumnya, tiga bulan awal merupakan masa uji coba menu. Tiga Roepa memiliki banyak menu beragam. Mungkin setelah evaluasi tidak semuanya akan lolos dan kembali bertengger di daftar menu.

Menu minuman ada Affogato, Kopsus Rum, Kopsus Irish, Teh Jahe, Teh Leci, varian susu murni, Kombucha Lemon Ginger, Kombucha Rosella, Kombucha Apple Cinnamon, dan banyak lainnya. Harga berkisar di Rp10.000-Rp25.000.

Makanan di daftar recommended ada menu Spaghetti Salmon Mentai, Spaghetti Aglio Olio Jamur, Pisang Madu, Siomay Bakar, Creamy Mushroom, Rice Bowl Salmon Mentai. Harga menu makanan ada di kisaran Rp15.000-Rp35.000.

Bagi yang ingin ngemil saja bisa pesan pastry atau pizza untuk beramai-ramai. Tiga Roepa memiliki ragam pastry yang cantik dan menggugah selera seperti Donut, Bambolini, Cinnamon Rolls Cream Cheese, Cinnamon Rolls Nougat, dan Cookies. Harganya Rp5.000-Rp15.000 saja.

Tiga Roepa Galeri dan Kafe berlokasi di Jl. Pandega Marta No.43, Manggung, Caturtunggal, Depok, Sleman. Tidak ada parkir mobil, jadi kita bisa parkir di pinggir jalan. Sedangkan parkir motor pun cukup terbatas. Waktu terbaik tentu saja di sore hari untuk rasa nostalgia dan hembusan angin maksimal.


Penulis : Trida Ch Dachriza

Sumber : gudeg.net


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)