Secondary Fermentation teh kombucha apakah ditutup rapat atau tidak?

Secondary Fermentation teh kombucha apakah ditutup rapat atau tidak?

Pertanyaan :

Dari Ibu Diar Tambunan

Mohon info, untuk fermentasi kedua misalnya saya berikan buah atau jahe, apakah wadah ditutup rapat atau menggunakan kain/tissue lagi?

Hallo Bu Diar, sesuai pertanyaan dari Ibu “Secondary Fermentation teh kombucha apakah ditutup rapat atau tidak?” dua cara tersebut bisa diterapkan bu, bisa di tutup rapat, atau bisa juga tidak. Tapi saran saya, lakukan proses secondary fermentation dengan cara di tutup rapat.

Secara umum proses secondary fermentation dilakukan, tujuannya untuk mendapatkan efek fizzy/karbonasi, selain itu rasanya juga menjadi lebih kuat dan unik, terutama jika ditambahkan sari buah untuk flavour.

Secondary Fermentation teh kombucha apakah ditutup rapat atau tidak?

Secondary fermentation Teh Kombucha dilakukan dengan cara : Setelah proses panen teh kombucha, larutan teh kombucha dipindahkan ke dalam botol kaca, kemudian ditambahkan jus buah ataupun potongan potongan buah kedalam botolnya, selanjutnya botol – botol tersebut ditutup rapat dan disimpan selama berhari hari. Umumnya antara 3 – 5 hari, efek fizzy/karbonasi sudah muncul dan siap di konsumsi.

Wadah atau botol yang digunakan bebas, asal berbahan kaca, dan pastikan tutup botol benar benar kedap udara.

 


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)