Tentang ketebalan baby scoby kombucha

Pertanyaan :

“Saya sudah panen, tapi kok baby scobynya tipis banget? Bagaimana cara agar baby scobynya tebal?”


Jawaban :⁣

Jawaban singkatnya adalah, sangat normal, jika baby scobynya masih tipis, setelah difermentasi selama 7 hari.

Kalau ingin mendapatkan baby scoby yang tebal, caranya gampang. Tambah takaran bahannya jadi lebih banyak. Lalu, lakukan fermentasi lebih lama.

Makin banyak takaran bahannya, dan makin lama waktu fermentasi nya, maka lapisan scoby akan semakin tebal.

Tapi, larutan kombucha yang dihasilkan dengan cara itu, belum tentu sehat dan berkhasiat.

Terlalu banyak bahan (terutama gula), kombucha yang dihasilkan akan tinggi kalorinya. Sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Terlalu lama di fermentasi, kombucha yang dihasilkan terlalu asam, karena sudah menjadi larutan cuka. Sehingga, kombucha sudah tidak nyaman lagi di lidah dan tenggorokan, saat diminum. Fermentasi yang teralu lama, juga menyebabkan khasiat kombucha hilang.

Agak lebih mudah dipahami, kita bahas satu persatu.

Apa itu scoby?

Scoby adalah lapisan selulosa, terbentuk dari hasil metabolisme bakteri dan ragi, berkat mengkonsumsi nutrisi, dari larutan teh manis.

Bagaimana scoby terbentuk?

Agar mudah dipahami, kita analogikan bakteri/ragi kombucha, seperti lebah madu.

Proses lebah membuat madu :

Sari bunga (bahan) => dihisap oleh koloni lebah, lalu dikumpulkan ke sarangnya (proses + waktu)  => menjadi madu (hasil).

Selama masih ada sumber sari bunga yang melimpah, makin lama, madu yang diproduksi oleh lebah, volumenya akan semakin banyak.

Proses bakteri & ragi membuat scoby :

Nutrisi teh manis (bahan) => “dimakan” oleh koloni bakteri & ragi, hasil metabolismenya di kumpulkan di permukaan larutan (proses + waktu)  => menjadi scoby (hasil).

Selama masih tersedia nutrisi pada larutan teh manis, lama kelamaan, volume scoby akan semakin tebal.

Scoby yang tebal, selalu berawal dari lapisan scoby yang tipis. Lapisan scoby yang tipis ini, setiap hari tumbuh sedikit demi sedikit, sehingga lama lama menjadi tebal dan solid.

Kenapa fermentasi disarankan 7-14 hari?

Kenapa fermentasi dilakukan maksimal hanya 14 hari saja? Kenapa tidak bisa lebih? Karena jika lebih dari 14 hari, selain rasanya semakin asam karena berubah menjadi cuka, kandungan benefitnya juga semakin turun nilainya. Artinya makin lama kombucha di fermentasi primer, khasiatnya makin hilang.

Kenapa fermentasi kombucha, minimal 7 hari? Kenapa tidak 3 hari saja misalnya? Karena pembentukan kandungan benefit dari kombucha, membutuhkan waktu setidaknya 7 hari. sebelum itu, masih berupa teh manis biasa.

Kenapa baby scoby saya, tidak setebal scoby wiki kombucha?

Scoby-scoby yang kami kirimkan ke customer (seperti foto Scoby L di atas contohnya), itu butuh waktu fermentasi total 2 – 3 bulanan.

Kenapa fermentasinya selama itu? karena memang tujuannya untuk membuat bibit (pembibitan scoby).

Fermentasi 2-3 bulanan tentu larutan kombuchanya sudah jadi cuka kan? Lalu dikemanakan larutan kombucha yang sudah jadi cuka itu? Larutan kombucha yang sudah menjadi cuka ini tidak kami konsumsi, tapi sebagian kami includekan di tiap paket pembelian scoby. Sebagiannya lagi, kami gunakan sebagai larutan starter untuk pembibitan scoby berikutnya.

Sehingga jika dibandingkan, antara fermentasi 3 bulan dan fermentasi 7 hari, tentu lapisan baby scobynya berbeda.

Jadi sangat wajar, baby scoby yang tumbuh masih cukup tipis di fermentasi primer. Karena hanya dilakukan min.7 hari atau max. 14 hari saja.

Mau bikin kombucha atau scoby?

Sekarang tinggal pilih salah satu, mau bikin larutan kombucha yang enak dan berkhasiat? Atau mau bikin baby scoby yang tebal? Memang harus dipilih salah satu, karena “sulit” mendapatkan dua duanya sekaligus, dalam 1 batch fermentasi.

Kalau ingin menghasilkan baby scoby yang tebal? caranya, tinggal tambah rakaran bahannya lebih banyak, dan proses fermentasinya dilakukan lebih lama. maka nanti baby scoby yang tumbuh juga makin lama lebih tebal.

Atau, kalau ingin menghasilkan kombucha yang rasanya enak dan berkhasiat, caranya ikuti takaran di panduan, dan lakukan fermentasi minimal 7 hari, maksimal 14 hari.


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)