Tentang ketebalan baby scoby

Pertanyaan : ⁣“Saya sudah panen, tapi kok baby scobynya tipis banget? Bagaimana cara agar baby scobynya tebal?”

Jawaban :⁣
Jika dijelaskan dengan sederhana, scoby adalah lapisan hasil metabolisme bakteri dan ragi, berkat mengkonsumsi nutrisi larutan teh manis.

Prosesnya mirip seperti bagaimana madu itu terbentuk :
Nektar atau sari bunga (bahan) => di koleksi oleh koloni lebah (proses/waktu) => menjadi madu (hasil).

Sedangkan kalau scoby :
Nutrisi teh manis (bahan) => di konversi oleh koloni bakteri & ragi (proses/waktu) => menjadi scoby (hasil).

Scoby yang tebal selalu berawal dari lapisan yang tipis, setiap hari tumbuh sedikit demi sedikit sehingga lama lama menjadi tebal dan solid.

Kenapa fermentasi dilakukan hanya 7-14 hari saja? karena jika lebih dari itu selain rasanya semakin asam, juga kandungan benefitnya semakin turun. Artinya makin lama kombucha di fermentasi primer, khasiatnya makin hilang.

Scoby scoby yang kamu pesan di wiki kombucha, (seperti foto Scoby L di atas contohnya) itu butuh waktu fermentasi total 2 bulan bahkan sampai 3 bulanan.

Kenapa selama itu? karena memang dibuat khusus untuk bibit, sedangkan teh kombucha hasil fermentasinya tidak kami konsumsi, tapi kami gunakan sebagai larutan starter (sudah menjadi cuka).

Jadi sangat wajar baby scoby yang tumbuh masih cukup tipis di fermentasi primer. Karena hanya dilakukan min.7 hari atau max. 14 hari saja.

Kalau kamu ingin menghasilkan baby scoby yang tebal, caranya tinggal proses fermentasinya dilakukan lebih lama saja. maka baby scoby yang tumbuh harusnya makin lama lebih tebal.

Selengkapnya, ini kita bahas di artikel berikutnya ya. Nanti akan saya jelaskan lebih lengkap kenapa khasiatnya turun setelah di hari ke 14.

Semoga bermanfaat 😊👌⁣


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)