Toples atau Jar untuk membuat Teh Kombucha

Toples atau Jar untuk membuat Teh Kombucha

Pertanyaan :

Dari Bapak Denny – Cirebon

Untuk proses fermentasinya selain toples kaca, kita bisa pakai alat apa lagi ya Pak? Apakah boleh menggunakan topes plastik? Thanks.

Jawaban :

Hallo Pak Denny, terkiat dengan wadah yang dipakai untuk proses fermentasi Teh Kombucha, saya pribadi tetap menyarankan wadah harus bermaterial kaca Pak. Bentuknya bisa apa saja, yang penting bisa menampung larutan teh yang akan kita fermentasi dan wadah tersebut bisa di tutup dengan kain atau tisu.

Toples atau Jar untuk membuat Teh Kombucha

Jika kita lihat peralatan – peralatan di dapur, disana pasti ada beberapa wadah berbahan kaca yang bisa kita pakai, misal wadah makanan, wadah lauk pauk, topes bekas kue lebaran, atau mungkin Bapak punya aquarium? terutama yang bentuknya kayak bola lampu berbentuk bulat? nah itu bisa di pakai juga. Jenis wadah apapun yang paling penting bisa menampung larutan dan ditutup dengan kain atau tisu.

Jika bisa, sebaiknya pakai topes yang bentuknya seperti dibawah ini :

Toples atau Jar untuk membuat Teh Kombucha2

Keterangan :

  1. Topes yang punya mulut, dan pilih mulut toples yang memiliki drat, karena ini akan memudahkan kita saat menutupnya nanti, dimana kain/tisu dapat terkunci sempurna oleh karet gelang, karena karet gelang mengikuti drat topesnya.
  2. Pilih topes yang mulutnya lebih kecil dibandingkan badannya, lagi lagi ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam menutupnya nanti, karena jika kebesaran, mungkin saja karet yang anda gunakan untuk mengikatnya tidak muat, atau penutupnya yang tidak muat. Jadi carilah toples yang mulutnya mudah untuk di tutup oleh kain/topes.
  3. Untuk badan topes bisa tinggi, ataupun bisa lebar ke samping. Yang paling penting adalah toples tersebut bisa menampung sebanyak minimal 3 liter. Karena paket scoby Wiki Kombucha yang ukuran paling kecil adalah Scoby S diameter 9cm untuk produksi max. 3 liter. Kemudian yang paling besar adalah Scoby L diameter 22cm, untuk kapasitas produksi max. 12 liter.

Lalu kalau benar benar tidak ada wadah berbahan kaca, apa boleh wadah bermaterial plastik?

Jawabannya Boleh, tapi seperti yang saya sampaikan di awal, wadah yang bermaterial kaca adalah yang terbaik. Jika memang terpaksa menggunakan wadah plastik, pastikan wadah plastik tersebut bermaterial PP Food Grade. Dimana teksturnya memang didesain agar materialnya tidak mudah larut atau mengkontaminasi makanan atau minuman yang kontak langsung dengan wadah tersebut.

Toples atau Jar untuk membuat Teh Kombucha

Selain material plastik PP Foodgrade, apa ada opsi lain?

Anda bisa menggunakan baterial Stainless steel (anti karat) dan kramik/guci. Untuk Stainless steel memang umum digunakan di industri brewery tapi biasanya harganya lebih mahal, tapi untuk kramik/guci tergantung kualitas produknya, karena kabarnya ada material kramik yang mudah larut jika lama lama terkena larutan asam.

PENTING! Jangan sekali kali menggunakan wadah toples atau jar untuk membuat Teh Kombucha yang materialnya dari metal/besi/logam atau sejenisnya.

Penggunaan wadah berbahan metal/besi/logam sangat berbahaya, kenapa? karena saat proses fermentasi, besi berada dalam kontak dengan air, udara, oksigen, atau asam, maka akan terjadi proses perkaratan pada wadah. Jika sudah seperti itu maka larutan Teh Kombucha yang anda fermentasi menggunakan material besi ini sudah tidak layak minum.

Kasus ini benar benar terjadi pada salah satu customer kami, dimana beliau mengira wadah tersebut adalah bermaterial “Stainless steel” padahal sebenarnya tidak. Kasus ini terjadi beberapa minggu setelah artikel ini saya tulis. Waktu itu beliau mengirimkan pesan Whatsapp yang menanyakan “Kenapa scoby saya berwarna coklat kehitaman?” saat beliau mengirimkan fotonya, awalnya saya bingung, kenapa warnanya seperti itu? padahal keterangan dari beliau, bahan baku yang digunakan sesuai petunjuk. Setelah saya perhatikan kembali gambarnya, saya sangat kaget.

Toples atau Jar untuk membuat Teh Kombucha

Seperti yang kita sama sama lihat, disana terdapat karat pada wadah fermentasinya. Pantas saja warnanya seperti itu, karena scoby menyerap warna karat pada wadahnya. Mengetahui hal itu, saya langsung sarankan agar beliau tidak mengkonsumsi teh kombucha pada batch tersebut. Karena sangat berbahaya untuk kesehatan.

Dari beberapa sumber, dikatakan bahwa, toksin/racun pada karat dapat menyebabkan gangguan sistem saraf. yang menyebabkan pula rahang terkunci, leher kaku, iritabilitas tubuh, demam tinggi, dan kesulitan menelan. Pembunuh rasa sakit yang berkepanjangan gunakan untuk melawan efek ini dapat menyebabkan gagal ginjal dan serangan jantung, yang selanjutnya mengakibatkan kematian.

Jadi, sebelum anda memilih Toples atau Jar untuk membuat Teh Kombucha, pastikan bermaterial yang digunakan adalah kaca, jika harus menggunakan wadah plastik, pastikan wadah tersebut berlabel PP Food Grade. Tapi sekali lagi, wadah kaca adalah yang terbaik.

Baca juga : Tips memilih toples untuk fermentasi kombucha


Follow kami

Testimoni

Darwin
06/08/2022 - 3 hari lalu

Luar Biasa!
Kualitas dan packingan selalu terbaik
Fandy Septiana
22/07/2022 - 18 hari lalu

Luar Biasa!
Laksmi Titisari
21/07/2022 - 19 hari lalu

Luar Biasa!
Gusti Chandra Rizki
20/07/2022 - 20 hari lalu

Luar Biasa!
Julfajar
19/07/2022 - 21 hari lalu

Luar Biasa!
Muhamad Wirdan Bazilie
11/07/2022 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Muhamad Wirdan Bazilie
11/07/2022 - 29 hari lalu

Luar Biasa!
Arik Widiyawati
20/06/2022 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!
Hizkia
16/06/2022 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!
mantab , mulus dan tebal
Agung Trisno
15/06/2022 - 2 bulan lalu

Luar Biasa!