VIDEO: Mengenal Probiotik dan Prebiotik


Jakarta, CNN Indonesia — Probiotik dan Prebiotik merupakan dua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memperkuat sistem imunitas tubuh di masa pandemi covid-19. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di dalam pencernaan dan membutuhkan asupan yaitu bakteri prebiotik agar bisa bekerja dengan baik untuk mempertebal imunitas. kefir, yoghurt dan kombucha adalah contoh makanan dan minuman yang mengandung probiotik baik untuk tubuh.

Saat mengonsumsi yoghurt, kita biasanya akan mendengar yoghurt baik untuk kesehatan saluran pencernaan karena mengandung probiotik. sebenarnya apa ya Probiotik itu?


Dokter spesialis gizi klinik Ida Gunawan menjelaskan, probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan berkembang biak di dalam saluran cerna manusia. Probiotik bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, mengurangi inflamasi, meningkatkan kesehatan mental, hingga melawan penuaan.


Makanan dan minuman seperti kimchi, kefir, dan yoghurt, mengandung probiotik.

Dokter Ida : “Untuk anak, antara 5 sampai 10 x 10 pangkat 9, colony forming unit perhari. Karena ini kan bakteri, kalau bakteri itu ada koloninya, jadi kayak ada berapa banyak koloni-koloni si bakteri itu. Nah itulah yang dihitung. Kalau untuk dewasa 10-20 miliar per hari.”


Selain probiotik, kita juga sering mendengar kata prebiotik secara sederhana prebiotik adalah makanan untuk tumbuh kembang si probiotik.


Dokter Ida : “Prebiotik karena tadi adalah makanan untuk si bakteri, maka dia Isinya biasanya serat-serat makanan serat pangan. Contohnya, kacang polong, kacang merah, ada pisang, ada outmeal, seperti itu ya”.


Prebiotik bisa didapatkan di makanan dan minuman yang kaya serat. Seperti apel, pisang, dan Barry.


Reuben Silitonga : “Iya jadi aku selalu mengkonsumsi kefir dan yoghurt dalam kesehari-harian sudah menjadi bagian makanan dan minuman. dan di aku memang merasa lebih kebal nyir sistemnya karena sewaktu-waktu beberapa teman yang lagi sakit flu juga, tapi aku tetap bugar sehat”.


Probiotik dan prebiotik memang dibutuhkan. Dokter Ida menambahkan, “Di masa pandemic COVID-19 ini daya tahan tubuh harus dijaga dan ditingkatkan. Salah satunya dengan mengonsumsi probiotik dan prebiotik.


Reporter : Ayu Lestari

Sumber : cnnindonesia.com


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)