Yuk Kenalan dengan Probiotik dan Prebiotik yang Penting Banget untuk Kesehatan Pencernaan

Sumber Foto : shopify.com

Jakarta: Peneliti terus mempelajari dengan pasti bagaimana dan mengapa bakteri usus berperan dalam kesehatan kita. Namun, mereka telah mengetahui bahwa susunan bakteri usus mempengaruhi kita jauh lebih banyak daripada yang diperkirakan sebelumnya.


Selain memperbaiki pencernaan, memiliki berbagai macam bakteri usus yang baik telah dikaitkan dengan peradangan usus yang berkurang, kadar gula darah lebih stabil, tingkat kolesterol lebih rendah dan bahkan suasana hati yang membaik.


Mungkin karena itulah semakin banyak produsen yang memproduksi makanan atau suplemen probiotik.


Namun, ada satu hal yang perlu diketahui yakni untuk menuai manfaat probiotik, Anda juga harus mengonsumsi prebiotik. Ini adalah sejenis serat makanan yang diberi pakan probiotik.


Prebiotik vs probiotik

Probiotik adalah bakteri usus yang mempromosikan kesehatan. Mereka ditemukan dalam produk makanan fermentasi seperti yogurt, asinan kubis, kimchi, dan kombucha. Probiotik mencegah bakteri berbahaya dari sistem yang kuat dan menciptakan masalah seperti peradangan, infeksi atau gejala gastrointestinal yang terkait dengan diare dan sindrom iritasi usus besar.


Mengenal Probiotik dan Prebiotik yang Penting untuk Kesehatan Usus

(Probiotik adalah bakteri usus yang mempromosikan kesehatan. Mereka ditemukan dalam produk makanan fermentasi seperti yogurt, asinan kubis, kimchi, dan kombucha.


Di sisi lain, prebiotik tidak seperti probiotik yang merupakan organisme hidup. Prebiotik adalah serat larut dan dapat difermentasi sehingga kita tidak dapat mencernanya di perut. Hal ini memungkinkan mereka untuk maju ke susu, di mana mereka tertelan oleh probiotik dan difermentasi menjadi asam lemak rantai pendek. Asam lemak inilah yang memberi semua manfaat baik probiotik.


Tentu saja, memberi makan usus kita sangat penting. Karena, tanpa bahan bakar yang tepat, bakteri usus yang baik bisa mati. Mereka akan mencoba menemukan nutrisi di tempat lain dan bisa mengambil lapisan lendir usus Anda. Lendir inilah yang melindungi usus dari bakteri jahat. Sehingga, kekurangan lendir usus akan memperbesar risiko Anda terkena infeksi atau peradangan.


Menambahkan prebiotik dan probiotik ke makanan Anda

Anda mungkin bingung bagaimana cara menambahkan keduanya dalam menu makanan sehari-hari. Ketika menyangkut probiotik, sumber makanan alami selalu mengandung suplemen utama. Bakteri dalam suplemen probiotik biasanya tidak memiliki apa-apa untuk dimakan sehingga banyak dari mereka akan mati sebelum meminumnya.


Sumber alami probiotik juga memiliki bakteri baik lebih banyak dari suplemen yang penting bagi kesehatan usus. Seperti probiotik, prebiotik harus dikonsumsi melalui makanan bukan suplemen.


Bawang merah, bawang puting, kacang dan artichoke Yerusalem, merupakan sumber yang baik. Begitu pula sumber pati tahan, serat yang dapat menahan pencernaan di perut. Pati ini terdapat pada oat, pisang mentah, dan kacang polong. Dan karena pati ini bekerja oleh panas, pati ini juga terdapat pada kentang, nasi dan pasta yang didinginkan setelah dimasak.


Penulis : Rona

Sumber : medcom.id


Follow kami

Testimoni

Maaf koneksi gagal: Access denied for user 'u327524875_wiki'@'195.179.238.101' (using password: YES)