Fermentasi

Setelah memastikan larutan teh sudah dingin, selanjutnya di tahap ini kita akan mencampurkan teh manis dan starter scoby ke dalam toples, lalu menyimpannya di tempat yang aman untuk proses fermentasi selama 7 hari kedepan.

Tahap Persiapan

Cuci tangan sampai bersih
1 Cuci tangan sampai bersih
Cuci tangan, bilas sampai bersih sampai tidak ada bekas sabun, lalu keringkan.
Tahap Memulai Fermentasi

Tuangkan Scoby & Larutan starter
2 Tuangkan scoby dan larutan starter
Buka tutup toplesnya, lalu tuangkan scoby beserta larutan starter ke dalam toples, aduk secukupnya agar larutan starter benar - benar menyatu dengan teh manis. Setelah dituang, scoby bisa saja tenggelam ataupun terapung, tapi jangan kuaitr kedua kondisi ini sama - sama normal.

* Catatan : Tuangkan semua isi dalam plastik, scoby maupun larutan starternya. Terkadang ada yang berisi 2 scoby, atau lebih. Tuangkan semuanya ya.
Tutup & simpan di tempat aman
3 Tutup & simpan di tempat aman
Tahap terakhir, tutupi kembali lubang toples dengan tisu dan rekatkan dengan karet gelang. Fungsi penggunaan tutup berpori seperti tisu adalah, agar gas yang timbul selama fermentasi bisa keluar dengan leluasa, tapi disatu sisi tisu juga bisa mencegah masuknya semut, lalat, serangga, debu, atau hal - hal lain yang jika masuk kedalam toples dapat mengganggu proses fermentasi. Lalu simpan toples di tempat yang aman seperti di pantry dapur, rak, meja makan, dimanapun boleh kok baik itu tempat terbuka ataupun tempat tertutup, asal bersih, kering, suhunya stabil, cenderung hangat, tidak kena sinar matahari langsung (lampu boleh), dan jauh dari jangkauan anak - anak.

PENTING! Jangan menggeser atau memindahkan toples selama fermentasi berlangsung, toples boleh di buka untuk pertama kalinya di hari ke 7 fermentasi. Dan jangan lupa mencatat tanggal panen yang tertera di bawah, lalu tempel di toples, atau bisa juga hanya dengan klik tombol "tambah ke google kalender", maka jadwal panen akan tercatat di kalender anda, dan otomatis muncul peringatan/notifikasi di HP anda saat sudah jadwal panen.

Jadwal Panen


Mulai fermentasi (hari ini) :
09 August 2022

7 Hari fermentasi (Minimal) :
16 August 2022

14 Hari fermentasi (Maksimal) :
23 August 2022



Bagus!

Proses produksi sudah selesai, tinggal menunggu jadwal panen tanggal 16 August 2022.


Simak tahap berikutnya Panen
Follow kami



Ada yang ingin ditanyakan?